Sumber foto: google

Penyelenggara Miss Universe Fiji Terjerat Skandal Korupsi, Pemenang Diminta Serahkan Mahkota ke Runner-Up

Tanggal: 13 Sep 2024 16:34 wib.
Penyelenggara Miss Universe Fiji terlibat dalam tuduhan skandal korupsi. Dilaporkan bahwa pemenang sebenarnya harus menyerahkan mahkotanya kepada runner-up yang memiliki hubungan dekat dengan pemegang lisensi kompetisi.

Menurut laporan dari laman New York Post pada Jumat (13/9/2024), Manshika Prasad (24) dinobatkan sebagai Miss Universe Fiji pada kontes yang digelar pada 30 Agustus 2024, setelah memperoleh empat suara dari tujuh juri.

Namun, dua hari kemudian, runner-up Nadine Roberts (30) diumumkan sebagai pemenang sebenarnya melalui pernyataan resmi Miss Universe Fiji. Dalam pernyataan itu, disebutkan bahwa "prosedur yang benar" tidak diikuti karena penyelenggara, Grant Dwyer, gagal menghitung suara kedelapan dari pemegang lisensi, Lux Projects.

"Lux Projects, perusahaan pengembang properti yang membeli lisensi untuk Miss Universe Fiji, akan memberikan suara kepada runner-up Roberts," demikian isi pernyataan tersebut.

Dengan itu, Roberts dan Prasad sama-sama mendapatkan empat suara. Maka, keputusan akhir berada di tangan pemegang lisensi, yang kemudian memilih Roberts sebagai pemenang.

Namun, tuduhan korupsi muncul setelah BBC melaporkan bahwa Lux Projects memiliki hubungan dengan pengusaha Australia Jamie McIntyre — suami dari Nadine Roberts. Roberts membantah hal tersebut kepada The Post, mengatakan bahwa ia telah berpisah dari McIntyre lebih dari setahun lalu, sehingga tidak ada hubungan antara Lux Projects dan hasil kontes.

Ia juga menuduh bahwa Prasad diatur oleh penyelenggara kontes, Grant Dwyer, yang menurutnya adalah alasan Prasad dinobatkan sebagai pemenang awal. The Post telah menghubungi Prasad dan Miss Universe Fiji untuk memberikan komentar lebih lanjut.

Sementara itu, beberapa dari tujuh juri mengungkapkan ketidaksetujuan mereka terhadap keputusan tersebut, kepada BBC. Mereka mengaku tidak pernah diberitahu bahwa Lux Projects memiliki hak suara. Salah satu juri menyebutkan bahwa kontes tersebut telah berubah menjadi "buruk."

Juri Jennifer Chan menyatakan Prasad adalah "pemenang yang jelas" dan "100 persen yakin" bahwa dia adalah kandidat terbaik untuk mewakili Fiji di Miss Universe mendatang yang akan diadakan di Meksiko pada bulan November. Chan juga menuduh Roberts sangat kecewa ketika tidak berhasil memenangkan mahkota.

"Saya ingat berpikir, bagaimana seseorang bisa merasa begitu berhak untuk menang?" ujar Chan. "Di kontes kecantikan, kadang Anda menang, kadang kalah. Sebagai peserta berpengalaman, dia pasti sudah tahu itu."

Setelah Roberts dinyatakan sebagai pemenang dalam pernyataan resmi, ia mengucapkan terima kasih kepada Miss Universe Fiji melalui Instagram atas "tindakan cepat" yang diambil. Sementara itu, Prasad, yang merasa kecewa, merilis pernyataan yang mengisyaratkan ada banyak hal yang tidak diketahui publik.

Namun, pada 6 September 2024, situasi kembali berubah. Prasad diumumkan kembali sebagai Miss Universe Fiji. Tidak jelas apa yang menyebabkan perubahan drastis ini. Prasad mengumumkan berita tersebut melalui unggahan Instagram.

"Ini perjalanan yang luar biasa! Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tn. Grant Dwyer dan tim, serta @missuniverse atas dukungan luar biasa selama masa yang penuh tantangan ini," tulisnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved