Sumber foto: google

Pakaian dan Perhiasan Mendiang Vivienne Westwood Dilelang

Tanggal: 29 Jun 2024 14:32 wib.
Ratusan pakaian, mulai dari gaun, jas, sepatu, dan perhiasan yang dulu dimiliki oleh mendiang desainer asal Inggris, Vivienne Westwood, akan dilelang dalam upaya untuk mengumpulkan dana amal yang penting. Dilansir oleh Hindustan Times, lebih dari 200 lot barang-barang tersebut akan ditawarkan oleh rumah lelang Christie's di London dalam dua bagian, yakni "Vivienne Westwood: The Personal Collection." Penjualan langsung diadakan pada 25 Juni, sementara lelang online berlangsung pada tanggal 14-28 Juni.

Vivienne Westwood, yang merupakan salah satu ikon dalam dunia mode Inggris, wafat pada Desember 2022 di usia 81 tahun. Pasangannya, Andreas Kronthaler, telah memilih berbagai penampilan yang dikenakan oleh Westwood selama 40 tahun yang lalu untuk dilelang, dimulai dari koleksi Musim Gugur-Musim Dingin Westwood 1983-1984. 

Kepala penjualan lelang, Adrian Hume-Sayer, menyatakan bahwa barang-barang yang dilelang ini sangatlah pribadi. Mereka adalah pakaian yang dikenakan Westwood saat bersepeda, berkeliling London, saat memberikan wawancara pers, atau bahkan ketika berjalan di atas catwalk.

Setiap pakaian dan aksesori yang dilelang memiliki nilai sejarah yang kuat, karena bukan hanya sekadar pakaian biasa - mereka menunjukkan bagaimana Vivienne Westwood benar-benar menjalani kehidupannya sehari-hari, serta memberikan gambaran tentang gaya hidup dan keberpihakannya terhadap isu-isu sosial yang diusungnya.

Tak hanya itu, Vivienne Westwood juga dikenal karena aktivisme sosialnya. Desainer ini sering menampilkan slogan-slogan yang menentang perubahan iklim dan polusi akibat bahan bakar fosil di berbagai karyanya. Dia juga memiliki dukungan yang kuat terhadap pendiri WikiLeaks, Julian Assange. Karya lain yang ditawarkan dalam lelang ini adalah satu set cetakan kartu remi yang dirancang Westwood pada tahun 2017. Kartu remi tersebut memfokuskan pada isu-isu sosial seperti perubahan iklim dan kesenjangan, dan diharapkan dapat terjual dengan perkiraan harga 30.000 pound hingga 50.000 pound (38.292 - 63.820 dolar AS).

Seluruh hasil dari lelang ini akan disumbangkan untuk tujuan amal yang telah didukung oleh Vivienne Westwood selama hidupnya, antara lain Vivienne Foundation, Greenpeace, Amnesty International, dan Médecins Sans Frontières. Pameran barang-barang yang akan dilelang ini akan dibuka untuk umum di Christie's London mulai Jumat hingga 24 Juni.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved