Orang yang Diet Juga Boleh Sarapan, Ini Aturannya

Tanggal: 16 Feb 2018 09:54 wib.
Tampang.com - Sarapan menjadi kegiatan paling penting untuk dilakukan di pagi hari. Tak terkecuali bagi orang yang sedang menjalani diet.

Sekalipun diet, kamu juga harus tetap sarapan. Meskipun, aturannya berbeda untuk yang melakukannya. Menurut ahli diet, diet yang baik adalah menjaga pola makan sehat tiga kali sehari.

Ketua Pergizi Pangan Indonesia Prof Dr Hardinsyah, MS mengatakan, bagi orang diet ada aturan makannya di saat sarapan. Namun, bukan berarti mereka tidak boleh melakukannya karena ingin langsing.

"Kalau orang gemuk yang sedang diet, sebelum makan di pagi hari pastikan minum air putih, olahraga sesuai anjuran, lalu makan," ujar Prof Hardin ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, di sela peringatan Pekan Sarapan Nasional, seperti dikutip dari laman Okezone.

Untuk yang menjalani diet, aturan takarannya adalah harus mencukupi seperempat gizi harian. Gizi ini terdiri dari 1500-2000 kalori.

Prof Hardin menyebutkan, menu sarapan yang dianjurkan untuk orang yang tengah diet yakni perbanyaklah konsumsi sumber protein dari telur, daging, ikan, dan sebagainya. Jangan lupa, tambahkan sumber serat baik, seperti sayuran hijau, wortel, buncis, kentang dan lainnya.

"Meski diet sarapan jangan dilewatkan, tapi makanannya harus diatur agar diet tidak gagal," bebernya.

Nah, sarapan dari anjuran para pakar untuk orang diet yakni harus sesuai dengan gizi seimbang. Hindari aneka makanan yang tinggi karbohidrat, seperti nasi putih, bubur, lontong dan sebagainya.

"Orang yang punya masalah kegemukan, sebelum diet harus konsultasi dulu akan lebih baik. Kalau tidak, metabolisme tubuhnya terganggu, sehingga tak berfungsi dengan baik," tutupnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved