Meski Rasanya Pahit, Masker Pare Bisa Mengatasi Jerawat Membandel

Tanggal: 27 Jan 2018 23:26 wib.
Jerawat yang bandel sering mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Masalah kulit wajah yang umumnya disebabkan oleh polusi, terkena debu, kulit sensitif atau kulit berminyak membuat tumbuhnya jerawat. Tetapi untuk mengatasi hal itu tidak sulit sebab ternyata pare bisa dibuat masker untuk menyingkirkan jerawat.

Jerawat walau kecil ukurannya tetapi akan mengganggu sekali tampilan seseorang. Terlebih bila timbulnya jerawat lumayan banyak dan jerawat yang muncul menyebabkan bekas yang amat mengganggu. Umumnya untuk mengatasi jerawat seseorang menggunakan obat antijerawat yang banyak tersedia di pasaran. Ada pula yang menjalani suntik jerawat supaya jerawat mudah kempes dan tak berbekas.

Tidak banyak yang mengetahui jika bahan alami seperti pare, nyatanya dapat dipergunakan untuk mengobati jerawat. Pare adalah jenis sayur-sayuran yang mempunyai rasa pahit. Bentuknya seperti mentimun, tetapi permukaannya keriting. Sayuran pare biasanya tidak begitu banyak disukai lantaran rasanya pahit, apalagi bia tidak tahu cara mengolahnya. Umumnya pare dimasak dengan cara dijadikan sayur tumis.

Pare yang mempunyai nama Latin Momordica charantina ini bisa mengusir jerawat lantaran memiliki kandungan vitamin A, B, C, antioksidan dan betakaroten. Pada intinya zat yang bersifat antioksidan seperti vitamin A dan C bisa melawan radikal bebas sehingga diyakini dapat untuk menjaga kesehatan kulit termasuk masalah jerawat.

Disamping itu kandungan betakaroten dalam pare berguna untuk membantu menghilangkan racun di dalam tubuh. Bila berbagai racun hilaang maka bisa memperlambat penuaan dini, mencegah penyakit jantung dan sel-sel kanker. Kandungan vitamin C dalam pare pun memiliki khasiat untuk memelihara kecantikan kulit dan dapat mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan  sinar ultraviolet.

Pare dijadikan masker untuk mengatasi jerawat. Cara membuatnya dengan memilih pare yang masih segar. Lalu dibersihkan dan dihaluskan. Cara menghaluskannya dapat dengan ditumbuk atau dijadikan jus. Bila ingin membuat jus pare alangkah baiknya memakai juicer, bukannya blender supaya sari dari pare bisa lebih konsentrat sebab tanpa memakai tambahan air. Kemudian ampas pare dipergunakan sebagai masker wajah.

Cara mengaplikasikannya dengan mengoleskan masker pare pada kulit wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya secara merata. Setelah itu diamkan selama kira-kira 10-15 menit supaya sari pare masuk ke dalam kulit. Kemudian wajah dibersihkan dengan air bersih, baik air hangat ataupun air dingin. Bila ingin hasil yang optimal, masker pare dapat ditambahi serbuk kayu manis dan madu. Campurkan bahan sampai rata dan kemudian masker siap untuk diaplikasikan.

Sebaiknya masker pare rutin dipergunakan satu minggu sekali. Namun jika wajahnya berjerawat, maka alangkah baiknya masker pare dipergunakan rutin satu minggu dua kali. Tak ada efek samping yang timbul dari penggunaan masker pare. Tetapi, bila masker pare dibubuhi dengan bubuk kayu manis dan madu, maka wajah akan hangat sebentar rasanya dan bahkan panas ketika menggunakan masker.

Sesudah masker pare dibersihkan, maka keadaan jerawat pada wajah pun akan berkurang. Keadaan wajah juga nampak lebih bersih dan baik. Bahkan pada sejumlah kejadian radang jerawat akan langsung reda sesudah sekali memakai masker pare. Disamping dibuat jadi masker, pare pun dapat diminum secara langsung sebagai jus pare. Dengan mengkonsumsi jus pare maka akan membantu pengobatan jerawat dari dalam tubuh.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved