Sumber foto: google

Mengenal Lebih Jauh Perawatan Chemical Peel untuk Mempercantik Kulit Wajah

Tanggal: 13 Apr 2024 17:23 wib.
Memiliki kulit wajah yang cantik dan berseri merupakan dambaan setiap orang, khususnya bagi wanita. Salah satu metode perawatan kecantikan yang umum dilakukan adalah chemical peel. Perawatan ini dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang awalnya terlihat kusam dan berjerawat. Dengan begitu, kamu bakal tampil cantik dan percaya diri di depan banyak orang.

##Mengenal Lebih Dalam Mengenai Chemical Peel

Chemical peel merupakan perawatan wajah dengan menggunakan larutan kimia khusus untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati. Metode ini juga dikenal dengan nama chemical exfoliation atau derma peeling. Chemical peel dilakukan dengan cara mengoleskan larutan kimia khusus ke kulit wajah, lalu kulit akan terlihat seperti melepuh dan akhirnya terkelupas. Nah, kulit wajah yang baru nanti akan terlihat lebih halus dan tidak begitu keriput dibandingkan kulit yang lama.

Selain wajah, perawatan chemical peel juga dapat diterapkan pada leher dan kulit tangan. Namun, setelah melakukan chemical peel, kulit untuk sementara waktu akan lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF di atas 30 setiap hari.

##Manfaat Luar Biasa dari Chemical Peel

Tak hanya mencerahkan kulit dan wajah, chemical peel juga memberikan sejumlah manfaat lainnya. Berdasarkan penjelasan dari My Cleveland Clinic, manfaat dari chemical peel meliputi:
- Menghilangkan garis-garis halus di bawah mata atau di sekitar mulut
- Mengobati jenis jerawat tertentu
- Mengatasi kerutan yang disebabkan oleh akibat sinar matahari dan penuaan
- Mengurangi bintik-bintik penuaan, bintik-bintik, dan melasma akibat kehamilan
- Mengatasi kulit kasar dan kusam
- Mencerahkan kulit agar lebih berseri.

##Pentingnya Mengetahui Efek Samping Chemical Peel

Meskipun dapat memberikan manfaat untuk kulit, chemical peel juga dapat menimbulkan sejumlah efek samping. Efek samping yang mungkin terjadi, seperti dilansir dari situs Mayo Clinic, meliputi:
- Muncul kemerahan, keropeng, dan bengkak di kulit, bisa terjadi selama beberapa minggu bahkan beberapa bulan.
- Terjadi perubahan warna kulit hingga lebih gelap (hiperpigmentasi) atau lebih terang (hipopigmentasi) dari biasanya.
- Muncul infeksi bakteri, jamur, atau virus.
- Memiliki potensi memicu kerusakan jantung, ginjal, atau hati karena menggunakan asam karbol (fenol) yang dapat membahayakan fungsi ginjal dan hati.

##Kesesuaian Chemical Peel untuk Setiap Jenis Kulit

Meski menarik untuk dicoba, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum melakukan chemical peel. Konsultasi ini penting untuk mengetahui apakah prosedur chemical peel sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, tidak disarankan melakukan perawatan ini jika seseorang:
- Memiliki riwayat jaringan parut kulit yang tidak normal.
- Memiliki kondisi kulit atau sedang mengonsumsi obat yang membuat kulit menjadi lebih sensitif.
- Tidak dapat menghindari sinar matahari selama proses penyembuhan.

Demikianlah penjelasan mengenai perawatan wajah menggunakan metode chemical peel beserta manfaat dan efek sampingnya. Jika tertarik untuk mencoba chemical peel, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat dan aman mengenai perawatan ini. Dengan demikian, diharapkan hasilnya dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kulit wajah dan kecantikan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat! 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved