Mau Tampil Percaya Diri? Coba 5 Langkah Ini

Tanggal: 8 Sep 2017 18:23 wib.
Tampang.com - Sebagian orang memang menganggap berbicara di depan umum menjadi sesuatu yang mudah. Namun, sebagian orang lainnya justru takut dan tidak percaya diri untuk berbicara didepan umum.

 

Rasa percaya diri setiap orang memang berbeda-beda. Seringkali orang yang kurang percaya diri identik dengan kepribadian pendiam dan jarang bergaul.

 

Bila kamu mengalami krisis percaya diri, cobalah lakukan 5 hal ini untuk bangunkan rasa percaya diri kamu. Berikut 5 cara seperti dilansir dari laman Tinybuddha.com, Kamis (07/9/2017).

1. Jauhkan Pikiran Negatif

Hal utama mengapa kamu tidak percaya diri adalah rasa ketakutan yang kamu rasakan. Ketakutan tersebut berasal dari banyak hal, seperti takut dipermalukan, takut dianggap sok pintar.

Untuk membangun kepercayaan diri, cobalah mulai saat ini jauhkan diri dari pikiran-pikiran negatif tersebut. Pikiran negatif seperti inilah, yang menghambat kamu maju dan percaya diri.

Bila kamu memiliki potensi menjadi ketua organisasi, cobalah ajukan diri dan tunjukan kemampuan kamu. Jauhkan pikiran bahwa kamu akan dinilai buruk oleh teman-teman kamu. Lakukan hal ini secara bertahap dan tanam pikiran positif untuk menjadi orang yang lebih baik.

2. Perbaiki Penampilan

Kepercayaan diri juga dibangun dari penampilan seseorang, bagaimana orang lain menilai kamu. Tak jarang, orang dengan penampilan kurang menarik takkan jadi pusat perhatian orang-orang.

Untuk itu, cobalah ubah gaya berpakaian kamu dan bergaul dengan teman kamu. Dengan begitu, mereka akan memperhatikan kamu dan akhirnya memiliki banyak teman.

Adapun berpenampilan rapi dan menarik, akan menjadikan kamu nilai tambah oleh orang yang memperhatikan kamu.

3. Melatih Diri

Tak ada salahnya, untuk mencoba berbicara didepan cermin untuk melatih kamu supaya berani berbicara didepan umum. Sebagian orang, percaya diri mungkin datang begitu saja. Namun, ada juga rasa percaya diri yang dibuat karena hasil latihan dan menjadikannya kebiasaan.

Bila kamu sering melatih kepercayaan diri kamu, perlahan kamu akan mulai terbiasa dan mudah untuk melakukan banyak hal. Memang banyak hal yang hanya dapat dilakukan, bila kamu memiliki rasa percaya diri.

4. Melihat Referensi

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah melihat orang lain. Temukanlah orang yang menurut kamu memiliki kepercayaan diri yang baik, dan dapat dicontoh.

Cobalah untuk melihat bagaimana orang tersebut menyampaikan sesuatu, dan melakukan hal yang menurut kamu sulit dilakukan. Dengan begitu, kamu akan merasa termotivasi dan mulai meningkatkan rasa percaya diri kamu.

5. Ambil risiko

Mencapai kesuksesan memang membutuhkan proses dan melalui banyak kegagalan. Bila kamu gagal dalam percobaan pertama, jangan langsung putus asa dan menyerah.

Mulailah menerima risiko dan kegagalan yang kamu hadapi. Karena semakin banyak kamu gagal, semakin banyak juga kamu mengetahui di mana kelemahan kamu. Dengan begitu, kamu semakin menguasai bagaimana menghadapi kelemahan diri sendiri.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved