Makanan yang Dapat Membantu Penderita Ambeien Sembuh dengan Cepat

Tanggal: 30 Jun 2024 14:33 wib.
Ambeien atau wasir adalah salah satu masalah kesehatan yang dapat mengganggu keseharian seseorang. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya darah saat buang air besar, yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah vena pada rektum bagian bawah. Salah satu pemicu munculnya ambeien adalah kurangnya asupan serat dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerasnya feses dan peningkatan tekanan dalam perut.

Ketika mengalami ambeien, konsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Serat memiliki peran penting dalam melunakkan feses dan meningkatkan volume feses yang dikeluarkan, sehingga dapat mencegah perburukan atau timbulnya gejala ambeien. Berikut adalah tujuh makanan tinggi serat yang dapat membantu penderita ambeien dalam proses penyembuhan:

1. Apel
Buah apel merupakan salah satu makanan yang baik untuk penderita ambeien karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Serat dalam apel mampu melunakkan tekstur feses, sehingga dapat mencegah perburukan atau timbulnya gejala ambeien. Disarankan untuk mengonsumsi buah apel bersama dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat serat yang maksimal.

2. Gandum
Gandum terkenal dengan kandungan seratnya yang cukup tinggi. Rutin mengonsumsi makanan berbahan dasar gandum dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan feses lebih mudah dikeluarkan, sehingga dapat membantu membaiknya gejala ambeien.

3. Pir
Buah pir termasuk dalam kelompok buah tinggi serat yang baik dikonsumsi saat mengalami gangguan pencernaan. Kandungan air yang tinggi di dalam buah pir dapat membantu melunakkan feses dan meredakan gejala ambeien.

4. Delima
Delima terbukti bisa membantu menyembuhkan ambeien berkat kandungan astringent yang dapat mengurangi pembengkakan pada anus, sehingga mampu meredakan rasa nyeri akibat ambeien.

5. Kiwi
Buah kiwi termasuk dalam golongan makanan berserat tinggi untuk penderita ambeien karena mengandung serat yang dapat membantu melancarkan proses buang air besar. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kiwi juga dapat mendukung penyembuhan ambeien dari dalam tubuh.

6. Ubi
Ubi mengandung serat tinggi dan dapat membantu melancarkan proses buang air besar. Dengan mengonsumsi ubi secara rutin, penderita ambeien dapat mengurangi risiko sembelit dan memperbaiki gejala ambeien.

7. Brokoli
Brokoli mengandung serat yang tinggi yang bermanfaat untuk memicu pergerakan usus dan mencegah sembelit. Konsumsi brokoli secara rutin dapat mengurangi risiko terjadinya wasir dan mencegah perburukan gejala ambeien.

Konsumsi makanan-makanan tersebut secara rutin dapat membantu proses penyembuhan ambeien. Namun, selain mengonsumsi makanan kaya serat, menjaga asupan nutrisi dan serat baik lain dalam tubuh juga penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan begitu, dapat membantu penderita ambeien untuk sembuh dan menjaga pencernaan selalu lancar serta bebas dari sembelit.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved