Langkah Mudah dan Aman Belanja Online

Tanggal: 27 Nov 2017 13:13 wib.
Belanja online sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh sebagian orang saat ini. Mulai dari anak muda hingga orang tua pun lebih memilih untuk melakukan transaksi online dari pada harus berbelanja di mall ataupun tempat lainnya. Selain lebih mudah, belanja online pun dapat menghemat waktu. Bisa dilakukan dimanapun dan bebas memilih barang yang diinginkan. Namun jangan terlena dengan kepraktisan yang ditawarkan dengan belanja secara online. Sebelum berbelanja lebih baik perhatikan langkah mudah dan aman dalam belanja online seperti berikut ini :

1. Perhatikan situs web sebelum berbelanja

Ada banyak situs online yang familiar ditelinga kita dan bisa jadi referensi terpercaya untuk berbelanja. Perhatikan nomor telepon dan lacak siapa pemiliknya. Jangan ragu untuk menghubungi nomor telepon tersebut untuk memastikan kalau web tersebut bukan digunakan untuk modus penipuan.

2. Perhatikan testimoni penjual

Testimoni ini berisi komentar dan kepuasan dari para pembeli sebelumnya terhadap pelayanan yang diberikan oleh penjual. Toko online yang besar dan terpercaya memiliki banyak testimoni yang positif.

3. Bandingkan harga barang

Toko online juga memiliki harga yang berbeda walaupun barang yang dijualnya sama. Jangan mudah terpengaruh dengan label diskon yang diberikan para penjual karena belum tentu harganya lebih murah dari toko online lainnya.

4. Perhatikan kualitas barang

Banyak para pelanggan yang mengeluhkan kualitas barang yang tidak sesuai dengan yang dipajang di etalase penjualan. Barang yang diterima kualitas dan modelnya sangat berbeda jauh tidak sesuai dengan gambar. Untuk mencegah hal tersebut baca terlebih dahulu detail produk, jangan asal membeli barang saja.

5. Perhatikan kebijakan yang ditetapkan oleh penjual

Setiap toko online pasti memiliki kebijakan masing-masing mengenai barang yang dijualnya. Kebijakan ini bisa mencakup masalah pembayaran, pengiriman, pengembalian, ketersediaan produk serta penggunaan voucher atau diskon.

6. Pilihlah metode pembayaran yang aman

Banyak pilihan metode pembayaran yang digunakan dalam berbelanja online. Mulai dari transfer, kartu kredit, bayar di merchant tertentu atau bahkan bayar di tempat (COD). Namun usahakan jangan menggunakan kartu kredit karena banyak kasus penipuan dengan modus pembayaran kartu kredit.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved