Lakukan 7 Tips ini, Tidur Anda akan Lebih Baik!

Tanggal: 14 Apr 2017 20:55 wib.
Terkadang ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas tidur sobat tampang. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, mari simak 7 tips agar tidur sobat lebih baik.

1. Gunakanlah Jadwal Tidur

Mulailah untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan atau hari libur Anda. Konsisten dalam jadwal tidur ini akan memperkuat siklus tubuh Anda dan membantu untuk mendorong tidur yang lebih baik di malam hari. Namun ada catatan, jika Anda tidak dapat tidur dalam waktu sekitar 15 menit, bangunlah dan lakukanlah sesuatu yang cukup santai dan tenang. Setelah itu, kembalilah ke tempat tidur saat Anda merasa lelah.

2. Perhatikan yang Anda Makan dan Minum

Jangan pergi ke tempat tidur baik saat Anda lapar atau kenyang. Ketidaknyamanan karena hal itu mungkin akan membuat Anda terjaga. Selain itu, batasilah berapa banyak Anda minum untuk menjaga agar Anda tidak sering ke toilet saat tengah malam. Hati-hati juga terhadap nikotin maupun kafein. Efek stimulasi dari nikotin dan kafein akan mengganggu kualitas tidur Anda.

3. Membuat “ritual” tidur

Melakukan hal yang sama setiap malam untuk memberitahu tubuh Anda sudah waktunya untuk beristirahat. Ini mungkin termasuk mengambil mandi air hangat atau mandi, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan dalam keadaan lampu yang redup. Selain itu, kegiatan santai dapat mendorong tidur yang lebih baik.

Namun, berhati-hatilah menggunakan TV atau perangkat elektronik lainnya sebagai bagian dari “ritual” tidur Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sebelum tidur mengganggu tidur.

4. Ciptakanlah Kenyamanan

Menciptakan ruang yang ideal untuk tidur. Seringkali ini artinya sejuk, gelap dan tenang. Pertimbangkan untuk menggunakan nuansa kamar yang gelap, penutup telinga, kipas angin atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

kasur dan bantal juga dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik. Karena fitur tempat tidur yang baik adalah subjektif, pilihlah sesuatu yang terasa paling nyaman untuk Anda. Jika Anda berbagi tempat tidur Anda, pastikan ada cukup ruang. Jika Anda memiliki anak-anak atau hewan peliharaan, cobalah untuk menetapkan batas pada seberapa sering mereka tidur dengan Anda - atau bila perlu gunakan tempat tidur terpisah.

5. Membatasi Tidur Siang

tidur siang yang panjang dapat mengganggu tidur di malam hari - terutama jika Anda berjuang dengan insomnia atau kualitas tidur yang buruk di malam hari. Jika Anda memilih untuk tidur di siang hari, batasilah sekitar 10 sampai 30 menit saja. Jika Anda bekerja malam, Anda harus membuat pengecualian untuk aturan tentang siang hari tidur. Saat seperti ini, tutuplah jendela Anda sehingga sinar matahari - yang menyesuaikan jam internal Anda - tidak mengganggu tidur siang Anda.

6. Sertakan Aktivitas Fisik dalam Rutinitas Harian Anda

aktivitas fisik secara teratur dapat mempromosikan tidur yang lebih baik, membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan menikmati tidur yang lebih dalam. Meskipun begitu, jika Anda berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, Anda mungkin terlalu bersemangat untuk tertidur. Jika ini tampaknya menjadi masalah bagi Anda, disarankan untuk latihan pada hari sebelumnya.

7. Kelola stres

Bila Anda memiliki terlalu banyak yang harus dilakukan dan terlalu banyak untuk berpikir, tidur Anda akan menderita. Untuk membantu memulihkan kenyamanannya, pertimbangkan cara-cara sehat untuk mengelola stres. Mulailah dengan hal yang mendasar, seperti mengorganisir, menetapkan prioritas dan mendelegasikan tugas. Luangkan untuk diri Anda menggunakan istirahat ketika Anda membutuhkannya. Selain itu, Anda bisa mencoba sebelum tidur, menuliskan apa yang ada di pikiran Anda dan kemudian sisihkan untuk besok.

Namun, sobat tampang, jika Anda memang sering mengalami kesulitan tidur, hubungi dokter Anda. Mengidentifikasi dan mengobati sebab-sebab yang mendasari dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik. Selamat mencoba! :)
Copyright © Tampang.com
All rights reserved