Lagi Diet? Olahraga Malam Bakal Bantu Program Diet Kamu

Tanggal: 30 Jul 2017 21:32 wib.
Tampang.com - Dalam kehidupan modern sekarang, dimana pekerjaan menjadi suatu hal yang penting, seringkali kegiatan olahraga dilupakan.

Dengan alasan sibuk kerja, dan tak ada waktu luang berolahraga di pagi hari, banyak orang akhirnya memindahkan waktu berolahraga usai pulang kerja, yakni di malam hari. Kegiatan berolahraga tersebut dapat berupa datang menuju pusat kebugaran (gym), bermain futsal ataupun basket, atau bisa jadi berlari di malam hari.

Penelitian terbaru menyatakan, bahwa olahraga di malam hari ternyata bisa berimbas positif pada program diet.

Dalam jurnal Medicine and Science in Sports & Exercise, para ahli menyatakan bahwa olahraga malam mampu membuat kita menahan rasa lapar dengan efektif.

Hasil tersebut didapat setelah para peneliti menguji dua kelompok partisipan. Kelompok pertama adalah para wanita yang berusaha membatasi makanan untuk mengurangi kalori dalam tubuh. Sedangkan kelompok kedua adalah para wanita yang memilih untuk berolahraga pada malam hari untuk tujuan yang sama.

Dari pengujian ini, kelompok pertama menunjukkan bahwa dengan membatasi asupan makanan, ternyata malah memproduksi hormon ghrelin (hormon yang menyebabkan rasa lapar) lebih tinggi. Akibatnya, mereka malah semakin banyak mengkonsumsi makanan, hingga 944 kalori per hari.

Berbeda dengan kelompok kedua yang melakukan olahraga pada malam hari. Asupan kalori mereka per harinya hanya 660 kalori saja.

Pakar kesehatan Jackie Buell PhD, Rd, menunjukkan fakta dimana rasa lapar akan cenderung hilang. Hal ini disebabkan karena saat berolahraga, adrenalin kita akan terpacu untuk meningkat sehingga rasa ingin makan pun akan cenderung lebih mudah hilang.

Dengan adanya fakta ini, maka olrahaga malam pun bisa menjadi salah satu faktor yang akan sangat mendukung bagi mereka yang ingin melakukan program diet penurunan berat badan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved