Keunggulan Furniture Berbahan Material HPL Kayu dan Tips Merawatnya

Tanggal: 7 Jul 2023 10:21 wib.
Kayu hpl adalah salah satu bahan furniture yang memiliki banyak keunggulan dan memiliki tekstur yang halus. Dengan keunggulan tersebut menjadikan hpl kayu  sering digunakan untuk finishing. Selain itu juga hpl kayu memiliki material yang kuat dan kokoh, memberikan tampilan minimalis dan modern serta pemasangan hpl yang mudah. Sebagai salah satu bahan furniture yang menyerupai kayu, kayu hpl banyak digunakan pada beberapa furniture seperti :


Kitchen set (perangkat dapur)
Nakas (meja samping tempat tidur)
Wall panel (panel dinding) di belakang kasur
Kabinet
Lemari baju, dan hampir semua furniture kayu menggunakan hpl


Penggunaan kayu hpl dalam desain interior bukan tanpa alasan, material kayu hpl memiliki beberapa kelebihan berikut ini :

Tahan terhadap air

Bahan kayu hpl memiliki permukaan yang sangat tahan terhadap air sehingga cocok digunakan dalam aplikasi seperti pembuatan meja, kabinet dapur, dan lantai.

Tahap terhadap rayap

Material memiliki kualitas yang tahan terhadap rayap dan tentunya dengan begitu penggunaan kayu hpl dapat membuat perabotan aman dari serangan rayap yang mengganggu.

Tahan jamur

Jamur adalah salah satu masalah yang cukup mengganggu. Dan material  kayu hpl memiliki tingkat tahan jamur yang baik sehingga cocok untuk aplikasi pembuatan dinding dan lantai.

Hpl ramah dan aman untuk lingkungan

Hpl menggunakan bahan-bahan yang ramah dan aman untuk lingkungan. Dengan bahan inti kayu yang digunakan bisa menyerap lebih banyak karbon dibandingkan mengeluarkan zat arang yang berbahaya. Hpl memiliki kandungan selulosa yang tinggi sehingga dapat dibakar dengan aman dan ramah untuk lingkungan.

Mudah untuk dibersihkan

Material kayu hpl memiliki permukaan yang sangat mudah untuk dibersihkan. Dengan demikian tidak membutuhkan perawatan khusus dan dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan dekorasi interior.

Tahan gores

Material hpl kayu baik dalam hal ketahanan gores dan bahannya yang cukup kuat menjadikan kayu hpl sangat cocok untuk diaplikasikan pada pembuatan lantai.

Warna yang stabil

Bahan kayu hpl memiliki warna yang stabil dan tidak mudah pudar sehingga cocok untuk digunakan sebagai material dekoratif dalam interior rumah. Dengan memiliki banyak kelebihan, bahan hpl menjadi pilihan yang populer dalam pembuatan mebel dan dekorasi rumah.

Itulah beberapa kelebihan dari kayu hpl, karena kepraktisannya kayu hpl ini banyak diminati sebagai salah satu bahan penting bagi finishing produk interior rumah, furniture, perkantoran dan lain sebagainya. Kayu hpl dapat membuat tampilan dan kesan furniture tampak lebih cantik serta menawan dengan adanya corak dan motif yang beragam.



Dalam merawat furniture berbahan material kayu hpl agar tetap terlihat baru dan terawat dengan baik, berikut ini tipsnya :


Jangan menggunakan bahan kimia untuk membersihkan


Hindari penggunaan bahan kimia yang keras dan kasar untuk membersihkan furniture yang menggunakan kayu hpl. Cukup gunakan lap yang lembut dan basah untuk membersihkan permukaan furniture, untuk noda yang membandel bisa gunakan sabun biasa lalu bilas bersih dan lap hingga kering. Hindari menggosok permukaan dengan kuat karena dapat merusak lapisan laminasi serta menggores permukaan.


Jangan diamkan cairan tmpah terlalu lama


Selain itu, hindari membiarkan cairan tertumpah di atas permukaan furniture berbahan kayu hpl. Secepat mungkin bersihkan cairan tersebut dengan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air. Jangan diamkan terlalu lama karena dapat membuat cairan tersebut meresap dan meninggalkan noda.


Hindari paparan sinar matahari langsung


Hindari paparan sinar matahari secara langsung karena dapat membuat warna furniture menjadi pudar dan lapisan laminasi terkelupas. 


Jauhkan furniture dari benda tajam


Jangan gunakan benda tajam furniture kayu hpl. Ini dapat merusak lapisan laminasi dan membuat permukaan furniture rusak. 

Tips tersebut di atas dapat Anda terapkan dengan mudah dan dapat memperpanjang umur furniture berbahan kayu hpl agar terlihat tetap baru dan terawat dengan baik. Bagi Anda yang sedang mencari produk hpl sebagai finishing furniture kayu yang indah dan terbaik untuk rumah Anda, kunjungi Citra Kayon. 

 

Citra Kayon

Jl. Kebon Sirih No.39, RT.14/RW.2, Kb. Sirih, Kecamatan Gambir,

Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10640

WhatsApp :  +6281399953390

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved