Ketika Hujan, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Berkendara

Tanggal: 15 Mar 2018 10:03 wib.
Tampang.com - Saat ini, kita tengah memasuki musim penghujan. Tentunya, hujan bisa menjadi berbahaya bagi kita apabila kita tidak berhati-hati. Terlebih lagi jika kita tengah berkendara ketika hujan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dengan baik, ketika berkendara saat hujan. Berikut hal-hal tersebut.

Helm

Ketika hujan, helm yang digunakan sebaiknya adalah helm berjenis full face. Hal ini agar wajah dan mata tidak terganggu guyuran air yang mengganggu penglihatan dan konsentrasi ketika berkendara.

Jas Hujan

Untuk jas hujan, sebaiknya menggunakan jas hujan dengan bentuk pakaian, yakni jaket dan celana. Hal ini karena jas hujan berjenis ponco dapat berisiko untuk tersangkut ke rantai atau roda.

Selain itu, gunakan jas hujan berwarna cerah agar mudah terlihat pengendara lain. Jangan sekali-kali menggunakan payung sewaktu berkendara.

Sepatu

Untuk menghindari basahnya sepatu ketika hujan, banyak pengendara menggunakan sandal sebagai alas kakinya. Hal ini dapat berbahaya bagi kita, terutama jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil.

Sebaiknya gunakan sepatu yang memiliki sifat anti air. Jika tidak memilikinya, minimal menggunakan cover bagi sepatu. Jika terpaksa menggunakan sepatu biasa, jangan menapakkan kaki di atas mesin, khususnya menggunakan motor cub karena mempengaruhi titik keseimbangan motor dan pengendara.

Sarung tangan

Menggunakan sarung tangan sewaktu hujan menjadi sangat penting agar cengkeraman tangan ke setang motor tetap maksimal. Agar lebih aman, gunakan sarung tangan anti air.

Nyalakan Lampu

Menyalakan lampu utama saat berkendara itu wajib, apalagi sewaktu hujan agar mudah terlihat pengendara lain. Namun, hindari menyalakan lampu darurat atau hazard karena dapat membingungkan kendaraan lain.

Pengereman dan Akselerasi

Saat hujan, permukaan jalan dan ban berada dalam kondisi basah sehingga cengkraman atau grip ban ke permukaan jalan menjadi tidak maksimal.
Sewaktu akselerasi dan mengerem, usahakan lebih halus dan hindari mengerem tiba-tiba. Pengendara juga dihimbau menghindari pemakaian ban tipe slik ketika hujan, karena ban tipe ini tidak memiliki alur ban yang membuang air.

Melintasi Genangan Air

Pengendara dianjurkan mengurangi kecepatan dan melintasi genangan air secara perlahan karena cipratan air akan menghambat laju kendaraan secara tiba-tiba dan mempengaruhi keseimbangan berkendara. Selain itu, ada kemungkinan genangan air menutupi jalanan yang berlubang.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved