Kebiasaan yang Membuat Cepat Gemuk, Kenali dan Ubah Cara Hidup Anda Mulai Sekarang!

Tanggal: 21 Jun 2024 20:58 wib.
Membentuk kebiasaan hidup sehat memang bukan hal yang mudah, terutama ketika kita terjebak dalam rutinitas sehari-hari yang membuat kita cenderung melakukan kebiasaan yang dapat membuat berat badan bertambah. Namun, tidak perlu khawatir, sebab kita dapat mengambil kendali dengan mengubah beberapa kebiasaan yang cepat bikin gemuk berikut ini.

1. Makan dengan cepat
Kecepatan makan dapat berpengaruh besar terhadap berat badan. Orang yang makan dengan cepat cenderung memiliki kecenderungan kelebihan berat badan atau obesitas. Oleh karena itu, mengunyah makanan dengan lebih baik dan memperlambat makan dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kelebihan berat badan.

2. Tidak mendapatkan asupan air yang cukup
Kurangnya asupan air dapat disalahartikan oleh tubuh sebagai rasa lapar. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum dua cangkir air tepat sebelum sarapan dapat membantu mengurangi asupan kalori seseorang.

3. Memiliki kehidupan sosial yang berlebihan
Bergaul secara berlebihan seringkali melibatkan makanan atau minuman yang tidak sehat. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa seseorang cenderung makan sebagaimana orang yang bersama mereka. Oleh karena itu, membatasi kehidupan sosial yang melibatkan konsumsi makanan yang tidak sehat dapat membantu menjaga berat badan yang ideal.

4. Duduk terlalu lama
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang duduk terlalu lama memiliki kecenderungan kelebihan berat badan dan berisiko terkena penyakit kronis serta kematian dini. Menjaga keseimbangan antara duduk dan bergerak dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kelebihan berat badan.

5. Tidak cukup tidur
Kurang tidur dapat berhubungan erat dengan penambahan berat badan. Faktor seperti perubahan hormonal dan kurangnya motivasi untuk berolahraga dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan seseorang. Oleh karena itu, memastikan waktu tidur yang cukup dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

6. Tidak punya waktu untuk bersantai
Stres yang terus-menerus dapat berhubungan dengan penambahan berat badan dan lemak pada perut. Dengan mengelola stres secara efektif dan memberikan waktu untuk bersantai, seseorang dapat membantu menjaga berat badan yang ideal.

7. Makan di depan TV
Makan sambil terganggu oleh aktivitas lain seperti menonton TV, browsing internet, atau membaca dapat membuat seseorang makan lebih banyak secara tidak disadari. Memperhatikan pola makan dan mengurangi gangguan saat makan dapat membantu mengatur asupan kalori.

8. Tidak mendapatkan cukup protein
Asupan protein yang cukup dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama dan menjaga metabolisme serta massa otot. Oleh karena itu, memastikan diet seimbang dengan asupan protein yang cukup dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

9. Lebih sering naik lift daripada tangga
Menggunakan tangga sebagai alternatif dalam rutinitas sehari-hari dapat membantu seseorang untuk tetap bergerak dan membakar kalori lebih banyak. Melakukan perubahan kecil seperti menggunakan tangga dapat memberikan kontribusi besar dalam menjaga kestabilan berat badan.

10. Belanja tanpa daftar belanjaan
Membuat daftar belanjaan sebelum pergi berbelanja dapat membantu seseorang untuk membatasi pembelian impulsif, terutama makanan yang tidak sehat. Mengikuti daftar belanjaan juga dapat membantu seseorang untuk memilih lebih banyak makanan yang sehat.

Dengan mengenali kebiasaan dan pola hidup yang dapat menyebabkan penambahan berat badan, Bunda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengubahnya demi kesehatan dan kestabilan berat badan. Dengan mengubah kebiasaan yang tidak sehat menjadi kebiasaan yang lebih sehat, Bunda dapat mencapai berat badan yang ideal dan mendapatkan tubuh yang lebih sehat secara keseluruhan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved