Kamu Percaya Kalau Tidur Mampu Turunkan Berat Badan Kamu?

Tanggal: 14 Agu 2017 09:00 wib.
Tampang.com - Ada banyak cara yang dilakukan oleh orang untuk menurunkan berat badan. Salah satu caranya ternyata pasti dilakukan oleh seluruh penduduk dunia. Itu adalah TIDUR.

Meski tidur identik dengan kemalasan yang berujung kenaikan berat badan, ternyata tidur justru mampu juga turunkan berat badan.

Dikutip dari laman Mag for Women, berikut adalah beberapa alasan mengapa tidur yang berkualitas bisa membantu menurunkan berat badan.

1. Mengontrol metabolisme

Dengan tidur yang berkualitas, dapat membuat kamu rileks dan mengontrol metabolisme tubuh kamu. Dengan metabolisme baik, proses mencerna makanan akan lebih baik dan bantu kamu tidak cepat lapar.

Tidur yang baik juga akan mengurangi nafsu ngemil yang bisa bikin cepat gemuk.

2. Mencegah stres

Jika kamu kekurangan tidur, maka hormon cortisol melonjak. Dengan cortisol melonjak, maka nafsu makan kamu akan semakin tinggi dan buat kamu cepat gemuk.

Dengan cukup tidur dan hormon cortisol yang rendah, kamu akan memiliki energi yang banyak dan bisa membakar lemak semakin cepat.

3. Ghrelin dan Leptin

Tubuh juga memproduksi hormon Ghrelin dan Leptin yang bisa membuat kamu ingin makan lebih banyak. Hormon ini meningkat dengan semakin sedikitnya waktu tidur. Karena itu, dengan tidur teratur dan cukup akan mengurangi jumlah hormon ini dan membantu diet kamu.

4. Proses insulin

Kurang tidur akan menurunkan produksi insulin hingga 30 persen. Ini yang menyebabkan lemak tersimpan dalam tubuh dengan semakin cepat dan susah dihilangkan. Karena itu, memenuhi kebutuhan tidur akan membantu proses produksi insulin menjadi normal dan membantu mencegah lemak menumpuk.

Hal ini bukan berarti lantas tidur saja cukup untuk turunkan berat badan kamu. Hal ini juga perlu dibarengi dengan pola hidup sehat, yakni makan teratur, berolahraga dan lainnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved