Kamu Akan Bahagia, Ketika Pergaulan Kamu Juga Membawa Kebahagiaan

Tanggal: 2 Okt 2017 21:06 wib.
Tampang.com - Suasana hati alias mood ternyata sangat mudah sekali dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Kita dapat rasakan sedih, gemibira, marah ataupun yang lainnya tergantung pada orang di sekitar kita.

Meskipun memang kita dianjurkan untuk bergaul dengan siapa saja, namun berdasarkan hasil studi terbaru, sepertinya kita harus mulai memilih dalam bergaul. Hal ini karena studi tersebut mengungkapkan bahwa bergaul dengan orang yang bahagia, maka kita ikut bahagia. Sebaliknya, bergaul dengan orang yang selalu sedih, maka kita akan ikut sedih.

Studi yang dimuat dalam jurnal Royal Society Open Science itu menyebut, kegembiraan atau kesedihan, bisa disebarkan melalui pertemanan, baik secara online atau kehidupan nyata.

Dalam peenlitian terhadap 2.194 pelajar di Amerika terungkap, anak-anak yang berteman dengan anak yang mengalami bad mood, cenderung akan mengalami emosi yang sama. Ketika siswa memiliki teman yang gembira, kegembiraan itu juga menular.

Emosi yang termasuk dalam gejala depresi, seperti perasaan kelelahan, tidak berdaya, dan kurang minat, juga memiliki pola yang sama. Para ahli menyebutnya sebagai "penularan sosial".

Meski begitu, merasakan emosi yang sama dengan orang di sekitar ternyata hal yang normal. Jadi, kita tidak perlu menghindar dari teman tersebut.

Anda justru bisa menjadi sumber kegembiraan bagi orang lain yang mungkin sedang depresi. Penelitian menunjukkan, olahraga, tidur cukup, dan pengendalian stres, merupakan cara yang ampuh untuk mengurangi gejala depresi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved