Sumber foto: google

Ini Cara yang Baik Menyimpan Susu Menurut Dietisien

Tanggal: 12 Jul 2024 10:29 wib.
Dietisien dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Fitri Hudayani, memiliki tips spesifik dalam menyimpan susu agar tetap menjaga kualitas dan manfaat gizinya. Fitri mengungkapkan bahwa penyimpanan susu harus disesuaikan dengan jenisnya untuk memastikan nilai gizinya tetap optimal.

Menurut Fitri, susu bubuk sebaiknya disimpan di tempat yang tertutup, kering, dan kedap dengan suhu sejuk di bawah 30 derajat Celsius. Sementara untuk susu cair, disarankan untuk disimpan di suhu chiller (lemari pendingin) kurang dari 8 derajat Celsius. Hal ini penting untuk mencegah penurunan kualitas dan nilai gizi susu akibat penyimpanan yang tidak tepat.

Selain itu, Fitri juga menyarankan untuk memperhatikan cara pemanasan susu. Menurutnya, susu cair yang telah dipasteurisasi dapat dipanaskan dengan suhu di atas 60 derajat Celsius untuk menghilangkan bakteri, namun sebaiknya tidak dipanaskan di suhu lebih dari 100 derajat Celsius. Ini dilakukan untuk mencegah denaturasi protein yang dapat menyebabkan penurunan kualitas susu.

Fitri juga menegaskan pentingnya memperhatikan penyajian susu sesuai dengan jenis, keamanan kemasan, dan nilai gizi. Susu dapat disajikan dingin atau hangat tergantung pada preferensi konsumen. Selain itu, ia menekankan bahwa susu dapat dikonsumsi kapan saja bersama dengan makanan pokok lainnya, karena susu dapat memenuhi kebutuhan energi harian, protein, lemak, serta mineral khususnya kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Menurut Fitri, tidak ada aturan khusus mengenai jumlah konsumsi susu yang harus diminum, karena hal tersebut tergantung pada kebutuhan gizi individu masing-masing. Namun, konsumsi susu secara teratur dapat memberikan manfaat nutrisi yang baik bagi tubuh.

Saat ini, maraknya penyebaran informasi di media sosial terkait video seorang ibu pelanggan minimarket yang mengeluhkan susu yang dibelinya tidak dalam kondisi dingin. Video ini menuai beragam komentar dari netizen, di mana banyak yang menyatakan bahwa tidak semua susu di minimarket disajikan dalam kondisi dingin, terutama yang dijual dalam kemasan besar.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved