Sumber foto: traxonsky.com

Hijabers Heavy-metal Dari Indonesia Siap Mendobrak Stereotip Dan Mengguncang Glastonbury Festival 2024

Tanggal: 19 Jun 2024 18:41 wib.
Medan musik dunia saat ini disorot oleh band Indonesia, Voice of Baceprot (VoB), yang dijadwalkan tampil di Festival Glastonbury 2024 di Inggris. Sebuah artikel yang berjudul "Musik Heavy Metal Hijab dari Indonesia Bersiap untuk Menghancurkan Stereotip dan Mengguncang Glastonbury" yang diterbitkan pada hari Sabtu (1/6) oleh media Singapura, The Straits Times, menyoroti kehadiran VoB yang terdiri dari wanita berhijab. Mereka akan menggelegar dengan suara mereka ketika tampil di Festival Glastonbury pada akhir Juni.

VoB berhasil menyulut perdebatan dengan menantang stereotip bahwa musik metal hanya identik dengan kebisingan, tato, dan pemusik laki-laki. The Straits Times melaporkan bahwa pengumuman tentang penampilan VoB di Festival Glastonbury 2024 disampaikan pada 2 Mei. VoB akan mencatat sejarah sebagai band Indonesia pertama yang tampil dalam festival tersebut sejak 54 tahun keberadaannya.

Festival seni dan pertunjukan terbesar di Inggris ini akan berlangsung selama lima hari, mulai dari 26 hingga 30 Juni 2024, di situs seluas 364 hektar di Worthy Farm di Somerset, barat daya Inggris. Tahun lalu, lebih dari 200.000 orang hadir dalam Festival Glastonbury, dengan rekor 21,6 juta pemirsa menonton liputan acara tersebut oleh BBC.

Keberhasilan VoB yang akan tampil di Festival Glastonbury 2024 tidak hanya menjadi prestasi bagi mereka saja, tetapi juga menjadi pembuktian bahwa musik heavy metal tidak mengenal batasan gender, latar belakang, dan keyakinan. Kehadiran mereka akan menjadi penanda penting bagi kedekatan budaya Indonesia dengan dunia musik internasional.

Perjalanan VoB merupakan cerminan dari semakin terbukanya pintu pasar musik dunia bagi seniman-seniman dari negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Musik sebagai media ekspresi seni tidak mengenal batasan, dan keberhasilan VoB membuktikan bahwa bakat musik dari Indonesia patut diperhitungkan di kancah internasional.

Keberhasilan VoB juga memantik semangat para perempuan Indonesia, terutama para penikmat musik, untuk tidak takut untuk mengejar passion mereka. Peran VoB sebagai representasi perempuan Indonesia yang kuat dan berani dalam dunia musik metal diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri para perempuan muda di Tanah Air untuk mengejar mimpi dan mengatasi setiap stereotip yang ada.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved