Group di Smartphone antara Manfaat dan Masalah

Tanggal: 4 Mei 2017 20:28 wib.
Tampang.com- Jaman serba canggih, tekhnologi semakin maju, fasilitas di smartphone juga semakin lengkap. Hampir semua orang mulai dari yang usia sekolah dasar sampai yang mulai pikun memiliki apa yang disebut handphone. Alasan komunikasi lebih mudah, silaturahmi, bisnis, informasi yang cepat membuat setiap orang membekali dirinya dengan alat komunikasi ini. Fasilitas yang ada pada smartphone, mulai whatsapp, instagram, Line, BB, Face book, dan masih banyak lagi lainnya semakin banyak digunakan sebagai sarana mempermudah komunikasi dan informasi, termasuk bercanda dengan teman-teman atau rekan baik keluarga, teman kantor, teman sekolah dulu, sampai ke kelompok sebuah kegiatan yang baru dilaksanakan.

Yaa.. Gruop dalam smartphone kita yang sekarang ini hampir ditemui di setiap smartphone merupakan salah satu fasilitas yang banyak diminati.Group ini biasanya lebih dari saru gruop dalam smartphone kita. Gruop keluarga sebagai ajang silaturahmi karena tidak tinggal berdekatan, Group Temen sekolah ketika terjadi reuni, group atau komunitas hobby yang sama dan masih banyak alasan lain orang ikut bergabung dalam sebuah group.

Permasalahan yang ada, apakah bergabung dalam group menjadi manfaat buat kita, atau malah bisa menimbulkan masalah? 

S.Llewelyn dan G.Fielding dalam sebuah makalah yang berjudul : Group Dynamics : Forming, Storming, norming and performing, menjelaskan lebih lanjut bahwa manusia adalah makhluk sosial yang dinamis yang memerlukan kelompok-kelompok manusia lain dalam hidupnya untuk berkomunikasi. Jadi tidak heran jika dalam sebuah smartphone ditemukan banyak group yang bermacam-macam.

Dalam sebuah group semisal Whatsapp, biasanya terdiri dari beberapa karakter orang :


Admin, admin ini adalah orang yang membuat ide untuk membentuk sebuah group dan biasanya mempunyai power yang kuat dalam group. Sifat jelek admin apabila tidak cocok dengan individu yang tergabung dalam group, langsung dikeluarkan.
Tukang copas, anggota group ini lebih banyak mengirimkan informasi baik masalah agama, politik, ekonomi, dan masih banyak lagi.
Tukang kirim video, anggota yang satu ini yang bisa membuat kuota para anggota group cepat habis, mungkin dia salah satu penjual pulsa atau paket yaa...
Tukang baca, anggota group ini bisanya cuma ikut baca isi group tanpa ikut berkomentar di group.
Tukang komentar, anggota group ini yang selalu memberikan komentar pada siapa saja yang koment di group.


Dampak dari adanya group dalam smartphone kita bisa menjadi manfaat tapi juga bisa menjadi masalah. Manfaat yang didapat, bisa mendapatkan informasi dengan cepat mengenai kabar orang-orang yang kita cintai, mendapatkan tambahan pengetahuan dari si tukang copas, teman semakin bertambah banyak, jadi hiburan ketika kita sedang sedih atau banyak masalah.

Sementara masalah yang bisa ditimbulkan dalam sebuah group diantaranya :


Handphone yang kurang canggih jadi cepat nge-hang karena kebanyakan group.
Suara group di handphone kadang mengganggu istirahat akibat anggota group yang suka begadang bahkan sampai pagi.
Timbul masalah ketika membahas sebuah perbincangan dan terjadi beda pendapat, hal ini kadang anggota group menyatakan keluar dari group.
Budget tambahan untuk beli pulsa atau kuota agar tidak ketinggalan informasi ketika kuota habis dan tidak up date di group.
Karena banyaknya anggota group, obrolan terkadang tidak nyambung, satu kasih info ini, yang lain jawab tanggapan temannya yang lain.


So.. semua tinggal bagaimana kita menyikapi apakah dengan bergabung menjadi anggota group bisa memberikan manfaat atau malah menimbulkan masalah bagi kita. Jangan sampai hubungan kekeluargaan jadi renggang karena salah komunikasi di group, pertemanan jadi jauh karena beda pendapat di group.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved