Fitur Pencarian Selain Google Maps yang Oke untuk Dicoba

Tanggal: 30 Sep 2017 22:29 wib.
Tampang.com- Nah buat kita yang cuman tau jalanan itu lagi - itu lagi, pasti rajin banget pake aplikasi berGPS kayak Google Maps kalau cari jalan pintas. Tapi yang namanya teknologi, gak lepas dari kekurangan juga! Bahasa teknisnya disebut malfunction, tapi kalau kita pasti nyebutnya error atau nge-lag kayak “duh elah error mulu dah” atau “ini apaan sih udah di-restart masih nge-lag aja”.

Sebenernya, dengan berbagai fitur andalan dari Google, satu aplikasi ini udah cukup banget. Tapi balik lagi, kalau waktu teknologi tempat kita bergantung ini lagi error, mau gak mau kita harus improvisasi. Salah satu cara urgent adalah punya cadangan aplikasi.

Waze



Ini salah satu alternatif yang paling laris terutama di Jakarta karena fiturnya yang kepake banget. Contohnya adalah traffic alert, kecelakaan, penutupan jalan, dan informasi penting lainnya. Bahkan ada satu fitur gokil lagi: Planned Drive, yang bakal ngasih tau kita jam berapa harus berangkat. Waze akan menghitung secara otomatis berdasarkan tingkat kemacetan.

Aplikasi ini juga punya fitur turn-by-turn voice direction. Tapi sayangnya, fitur ‘maps’ gak berfungsi kalau smartphone kita offline.

CoPilot



Berikutnya ada CoPilot, salah satu aplikasi berbayar yang bisa berfungsi waktu smartphone goes offline. CoPilot ini bakal lebih maksimal penggunaannya kalau kita lagi berada di luar negeri, tanpa wifi, dan gak punya paket internet.

Fiturnya juga lumayan lengkap. Ada turn-by-turn voice directions, penunjuk arah khusus jalur sepeda, dan jalur pedestrian. Ada juga fitur speed alert yang bakal ngingetin kita kalau udah hampir nyentuh batas kecepatan kendaraan.

HERE Wego



Aplikasi ini lahir bukan dari startup technology, tapi dari perusahaan induk udah berdiri dari 30 tahun lalu. Kayak aplikasi GPS lainnya, HERE Wego bisa dipakai buat nyari jalan, traffic information, dan lain-lain. Standard lah ya. Tapi gedung-gedung yang ada di maps-nya ini berbentuk 3D dan walaupun offline tetep bisa nyari rute.

Aplikasi ini gratis. Dan karena bisa dipake waktu offline, jadi kita bisa tetep cari jalur alternatif. Dan kita bisa pilih sendiri rute yang kita mau, manually, karena jalur yang muncul bukan jalur pilihan si teknologi.

Jadi, jangan takut tersesat di jalan. Karena tanpa Google Maps, masih ada aplikasi lain yang bisa digunain buat nyari rute ke tujuan. mau mencobanya temen.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved