Eksperimen Ini Dapat Mengajarkan Anak Untuk Membiasakan Mencuci Tangan Sebelum Makan

Tanggal: 9 Okt 2017 18:57 wib.
Tampang.com – Tidak mudah memang menerapkan kebiasaan baik kepada anak – anak, salah satu kebiasaannya adalah mencuci tangan sebelum makan. Sangat dibutuhkan ketelatenan dan cara yang cerdas untuk membuat anak – anak mau mengikuti pola hidup sehat.

Ada contoh inspiratif yang dilakukan guru berikut ini dimana ia dengan cerdas mampu mengajarkan anak – anak tentang betapa pentingnya mencuci tangan melalui percobaan roti. Ia menyampaikan bahwa cara yang mereka lakukan merupakan percobaan yang menjijikkan namun sangat efektif dilakukan untuk mengajarkan kepada anak – anak tentang kuman dan bagaimana mereka menyebar.

Berikut ini langkah – langkah yang dapat diikuti dalam upaya mengajarkan anak – anak tentang pentingnya cuci tangan, eksperimen ini dilakukan pada beberapa potong roti.

Pertama, siapkan tiga lembar roti tawar ; satu roti diberikan perlakuan control, satu menggunakan tangan bersih dan satu lagi dengan menggunakan tangan kotor.

Kedua , ambilah satu roti dengan sarung tangan dan menyimpannya dalam plastik.

Ketiga , cuci tangan dan ambilah satu lembar roti menggunakan tangan bersih, lalu simpanlah roti tersebut kedalam plastic.

Keempat, ambilah satu roti dan biarkan roti tersebut dipegang oleh semua anak – anak dikelas lalu simpanlah roti tersebut kedalam plastik.

Kelima, biarkan roti selama berhari – hari, lihat seperti apakah perubahannya.



Hasil dari eksperimen tersebut menunjukan bahwa roti yang dipegang oleh semua anak anak di kelas terlihat berjamur, berwarna hitam dan menjijikan. Hal itu membuktikan bahwa, ketika tangan kita kotor maka makanan yang kita makan akan terkontaminasi, kuman akan banyak menempel di makanan yang kita makan.

Eksperimen tersebut rupanya sangat efektif untuk mengajarkan anak – anka betapa pentingnya mencuci tangan sebelum makan.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved