Daya Tarik Pasangan Picu Para Wanita Berdiet

Tanggal: 21 Agu 2017 08:29 wib.
Di dunia penampilan saat ini, citra tubuh bisa menjadi pengaruh yang kuat pada pilihan dan perilaku kita, terutama yang berkaitan dengan diet. Citra itu terkadang berbentuk atau terdistorsi oleh banyak faktor, termasuk citra media massa, orang tua, hubungan, bahkan suasana hati kita.

Penelitian baru dari Florida State University menemukan faktor lain - daya tarik pasangan romantis - bisa menjadi kekuatan pendorong di balik keinginan untuk diet dan mencari tubuh langsing, meskipun motivasi itu memiliki kontras antara pria dan wanita.

Mahasiswa doktoral Tania Reynolds dan Asisten Profesor Psikologi Andrea Meltzer menemukan bahwa wanita yang dinilai kurang menarik lebih termotivasi untuk diet dan menjadi kurus jika suami mereka menarik.

"Hasilnya menunjukkan bahwa memiliki suami yang secara fisik menarik mungkin memiliki konsekuensi negatif bagi istri, terutama jika istri tersebut tidak terlalu menarik," kata Reynolds.

Motivasi ekstra untuk diet, bagaimanapun, tidak ada di kalangan wanita dinilai lebih menarik daripada suami mereka. Sedangkan untuk pria, motivasi mereka untuk diet rendah terlepas dari daya tarik istri mereka atau keinginan mereka sendiri.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Body Image ini, menawarkan wawasan produktif tentang hubungan di mana seorang wanita khawatir dia akan kehilangan harapan dari pasangannya. Memahami prediktor yang meningkatkan risiko wanita terkena gangguan makan dan masalah kesehatan lainnya dapat menyebabkan bantuan lebih awal.

"Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mungkin ada faktor sosial yang berperan dalam masalah makan wanita," kata Reynolds. "Ini mungkin membantu mengidentifikasi wanita berisiko mengembangkan perilaku penurunan berat badan yang lebih ekstrem, yang telah dikaitkan dengan bentuk tekanan psikologis lainnya, seperti depresi, kecemasan, penyalahgunaan zat dan ketidakpuasan terhadap kehidupan."

Meltzer menambahkan: "Untuk lebih memahami motivasi diet perempuan, temuan penelitian ini menyoroti nilai mengadopsi pendekatan yang berfokus pada hubungan pasangan."

Penelitian ini telah mempelajari penelitian yang ada dari laboratorium Meltzer yang menemukan bahwa perkawinan cenderung lebih berhasil dan memuaskan saat istri lebih menarik daripada suami mereka. Ini memeriksa 113 pasangan pengantin baru - menikah kurang dari empat bulan, usia rata-rata akhir 20-an, tinggal di daerah Dallas - yang setuju untuk dinilai pada daya tarik mereka.

Setiap peserta menyelesaikan kuesioner panjang yang memusatkan perhatian pada keinginan mereka untuk melakukan diet atau memiliki tubuh kurus. Beberapa pertanyaan termasuk, "Saya merasa sangat bersalah setelah makan," "Saya suka perut saya kosong," dan "Saya takut bertambah berat badan."

Foto tubuh lengkap diambil dari setiap peserta dan diberi nilai pada skala 1 sampai 10. Dua tim evaluator sarjana mempelajari foto-foto tersebut: satu di Southern Methodist University di Texas berfokus pada daya tarik wajah pasangan, sementara yang lain di FSU melihat ke tubuh. Reynolds mengatakan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa wanita cenderung terlalu menyukai betapa kurusnya pasangan mereka menginginkannya dan, akibatnya, mungkin secara tidak tepat mengejar diet dan tubuh kurus.

"Salah satu cara untuk membantu wanita-wanita ini adalah agar rekan kerja bersikap sangat menegaskan kembali, mengingatkan mereka, 'Anda cantik. Saya mencintaimu dengan berat badan atau jenis tubuh,'" kata Reynolds. "Atau mungkin memusatkan perhatian pada cara mereka menjadi pasangan romantis yang baik di luar daya tarik dan menekankan kekuatan itu: 'Saya sangat menghargai Anda karena Anda adalah pasangan yang baik hati, cerdas dan suportif.'"

Reynolds berpendapat bahwa langkah selanjutnya yang menarik untuk penelitian adalah mengeksplorasi apakah wanita lebih termotivasi untuk diet saat mereka dikelilingi oleh teman wanita yang menarik.

"Jika kita memahami bagaimana hubungan perempuan mempengaruhi keputusan mereka untuk diet dan prediktor sosial untuk mengembangkan perilaku makan yang tidak sehat," kata Reynolds, "maka kita akan bisa membantu mereka dengan lebih baik."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved