Cegah Terjadinya Stroke Sejak Dini

Tanggal: 23 Mei 2018 11:51 wib.
Cegah Terjadinya Stroke Sejak Dini

Stroke merupakan  penyakit yang terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah di otak.

Menurut WHO, Stroke adalah adalah suatu gangguan fungsi saraf akut yang disebabkan oleh karena gangguan peredaran darah otak, dimana secara mendadak (dalam beberapa detik) atau secara cepat (dalam beberapa jam) timbul gejala dan tanda yang sesuai dengan daerah fokal di otak yang terganggu.

Akibat fatal  dari terjadinya pecah pembuluh darah wajah lumpuh sebelah, bicara pelo (cedal), lumpuh anggota gerak, bahkan sampai koma dan dapat mengancam jiwa.

Karena penyakit ini sangat berbahaya, maka sebaiknya dicegah sejak dini sebelum mengalaminya dengan cara berikut:

Hindari Rokok



Orang yang merokok akan lebi bersiko mengalami gangguan pembulu darah / penyumbatan pembuluh darah 2 sampai dengan 3 kali lipat, yang berakibat stroke. Oleh sebab itu, sebaiknya pikir ulang untuk merokok.

Hindari Makanan Berlemak

Terlalu banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuh bisa menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah sehingga aliran darah dan oksigen tidak bisa berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, usahakan untuk menghindarkan makanan – makanan yang berlebihan lemak seperti jeroan, daging, kulit ayam dan masih banyak lagi lainnya.

Rutin Olahraga



Dengan berolahraga maka akan membantu memperlancar peredaran darah serta membakar lemak-lemak jahat yang terdapat dalam tubuh.

Kunci utama mengatasi stroke adalah dengan menjaaga pola makan serta membangun gaya hidup yang baik dan benar.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved