Cara Merawat Kuku Kaki Dengan Tepat

Tanggal: 16 Mei 2018 10:01 wib.
Cara Merawat Kuku Kaki Dengan Tepat

 

Kebanyakan orang lebih fokus pada kuku tangan dibandingkan kuku kaki. Padahal kuku kaki lebih rentan mengalami gangguan, seperti lembap yang membuat jamur lebih mudah tumbuh ataupun kering yang menyebabkan rapuh. Oleh sebab itu, adalah penting untuk mengetahui cara merawat kuku kaki yang tepat agar terhindar dari kerusakan.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk merawat kuku kaki:

 

1. Rutin dicuci

Jaga kebersihan kaki dan kuku kaki dengan rutin mencuci menggunakan air bersih dan sabun. Jangan lupa keringkan dengan handuk setelahnya.

 

2. Rutin dipotong

Jangan membiarkan kuku terlalu panjang. Potonglah kuku kaki tiap satu atau dua minggu. Jika perlu, gunakan pemotong kuku berkualitas dan berukuran besar atau klipper khusus untuk kuku jari kaki.

Perhatikan pula teknik memotong kuku yang benar. Potong ujung kuku kaki mengikuti bentuk jari kaki.

 

3. Jangan dipotong terlalu pendek.

Selain menimbulkan rasa sakit dan dapat membuat kuku kaki tumbuh ke dalam, kuku yang dipotong terlalu pendek juga rentan terhadap infeksi.

Jangan luoa mencuci bersih kuku dan area kaki setelah memotong kuku dan keringkan.

 

4. Berikan losion

Oleskan losion di sekitar kaki, jari kaki, dan kuku kaki Anda agar tidak kering. Lembapkan area kuku dan kutikula dengan pelembap khusus untuk kuku atau bisa juga dengan petroleum jelly.

 

5. Jangan sering terkena aseton

Hindari menggunakan cairan penghilang cat kuku lebih dari dua kali sebulan. Sebab cairan tersebut sangat keras pada kuku, terlebih yang mengandung aseton, dapat membuat kuku menjadi rapuh.

 

Jangan cuma kuku tangan ya yang selalu dirawat, kuku kaki juga butuh perhatian agar tetap sehat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved