Cara Cepat dan Mudah Belajar Membaca Al Quran

Tanggal: 24 Apr 2022 19:45 wib.
Cara cepat belajar membaca Al quran bisa kamu terapkan di rumah. Sebenarnya, belajar Membaca Al quran tidak begitu sulit. Apalagi sebagai umat Islam, kamu tentunya harus bisa membaca Alquran karena bacaan saat shalat berasal dari Al quran juga. Sedangkan shalat merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim.

Untuk bisa membaca Al quran dengan baik dan lancar, tentunya kamu harus mengetahuinya dari dasar terlebih dahulu. Mulai dari mengenal huruf hijaiyah hingga mengenal tanda baca. Selain itu, kamu juga harus membaca Al quran dengan tajwid yang benar, cara cepat belajar Al quran harus dipraktikkan. Bagaimanapun juga, jika kamu sudah mengetahui berbagai cara yang cepat dalam belajar membaca Al quran, jika tidak dipraktikkan tetap saja tidak akan ada hasilnya.

Berikut ini adalah tentang cara cepat belajar membaca Al quran :


Mengenal Huruf Hijaiyah


Cara cepat belajar membaca Al quran yang pertama adalah dengan mengenal huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah sendiri ialah huruf ejaan bahasa arab sebagai bahasa asli Alquran. Bisa dikatakan bahwa huruf hijaiyah seperti huruf abjad (A B C D E) di dalam Bahasa Indonesia, sehingga jika kamu ingin lancar dalam membaca Alquran, kamu harus belajar dan mengerti akan huruf hijaiyah dan ejaannya.

Jadi untuk menerapkan cara cepat belajar membaca Alquran ini, kamu perlu terlebih dahulu mengenal huruf hijaiyah yang berjumlah 29 huruf ini. Semua huruf ini wajib dihafal jika ingin bisa membaca alquran. Ada yang pengucapannya seperti huruf latin, ada juga yang berbeda, seperti tsa, kha, dzal, dan sebagainya. Selain mengenal bentuk-bentuk huruf hijaiyah secara satu persatu, kamu juga harus mengetahui bagaimana huruf tersebut jika disambung dengan huruf lain. Dalam belajar pengucapan huruf hijaiyah, kamu harus mengetahui makhraj-nya, yaitu merupakan tempat keluarnya huruf.


Memahami Tanda Baca (Harakat)


Cara cepat berlajar membaca Al quran kedua setelah mempelajari huruf hijaiyah ialah harus mengenal dan mempelajari tanda baca atau harakat di dalam Al quran. Tanda baca (harakat) ini berfungsi untuk menentukan bagaimana pengucapan huruf hijaiyah di dalam Alquran.

Sebagai contoh, jika dalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O sebagai huruf vokal, maka di bahasa Arab ada harakat. Berbagai tanda baca seperti Fathah, Kasrah, Dammah, Tasydid, dan Sukun wajib kamu pahami. Kamu bisa mempelajarinya secara lebih mendalam dengan membaca buku atau belajar secara langsung dengan ustaz atau guru mengaji.


Memahami Tajwid


Cara cepat belajar membaca Al quran selanjutnya ialah dengan memahami tajwid Alquran. Ilmu tajwid Al quran ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf Al quran secara baik dan benar. Seperti dibacakan secara mendengung, samar-samar atau jelas.

Sederhananya, bacaan tajwid ini bisa dikatakan sebagai Grammar nya dalam Bahasa Inggris. Adapun Grammar dalam Bahasa Arab sendiri antara lain bacaan Idzhar, bacaan Idgham, bacaan Iqlab dan masih banyak yang lainnya. Memahami tajwid ini sangat penting agar kamu tidak salah dalam membaca Al quran.


Mulai dari Surat Pendek


Cara cepat belajar membaca Al quran selanutnya adalah dengan mulai dari surat pendek terlebih dahulu. Pada awal-awal pembelajaran pilihlah dari surat-surat pendek terlebih dahulu. Jika sudah mulai lancar membaca surat pendek, barulah mulai mencoba dengan surat yang panjang. Selain itu, membaca dengan tartil yaitu pelan tapi pasti bisa membuat kamu lebih cepat pandai. Selalu berlatih dengan memperhatikan benar panjang pendeknya bacaan yang sedang dibaca.



Kini membaca dan mempelajari Al quran kini bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja lewat aplikasi di ponsel. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Al quran digital lalu menggunakan fitur-fiturnya untuk membaca dan belajar. Aplikasi Al quran online juga dilengkapi dengan teori pembelajaran, audio murotal, serta terjemahan yang memudahkan kamu menguasai bacaan dan makna dalam kitab suci Al quran. Belajar membaca al quran menjadi lebih mudah dengan banyak pilihan al quran dengan adanya fitur 8 blok warna pada setiap halamannya memudahkan Anda dalam menghafal al quran.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved