Burukkah Menikmati Waktu Sendiri?

Tanggal: 21 Agu 2017 20:30 wib.
Tampang.com - Sebagian dari kita mungkin menikmati saat-saat kesendirian. Ada berbagai alasan mengapa kita menikmati pada waktu sendiri.

 

Sayangnya, kebiasaan ini dianggap orang lain sebagai kebiasaan buruk dan dianggap antisosial.

 

Padahal, menikmati waktu sendiri tak harus selalu negatif. Dilansir dari laman Step to Health, ternyata ada beberapa manfaat saat menghabiskan waktu sendiri, salah satunya membantu seseorang mengelola pikiran dan emosinya. Hal ini dinyatakan baik bagi seseorang yang mengalami stress.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang dapat dilakukan saat waktu sendiri bagi seseorang.

1. Mengasah fokus dan pikiran

Dokter Birk Hagemeye di Universitas Jena, Jerman, meneliti hubungan antara aktivitas sosial, hubungan dengan orang lain, dan keinginan Anda untuk menyendiri.

Hasilnya, orang yang menikmati kesendirian memiliki fokus yang berbeda. Selain itu, ada juga yang menikmati saat-saat mereka sendirian. Hal ini bukan berarti mereka lari dari kehidupan sosial, mereka hanya ingin mengeksplorasi pemikiran mereka sendiri.

2. Lebih pandai mengatur mood

Mereka yang menikmati waktu sendiri baik dalam mengatur mood mereka. Mereka juga jarang mengalami suasana hati yang buruk, ketidaknyamanan, dan frustasi.

Orang yang menikmati waktu sendiri biasanya memiliki pikiran yang lebih terbuka. Mereka lebih orisinal, penasaran, dan imajinatif.

Selain itu, orang seperti ini biasanya menunjukkan lebih banyak empati. Mereka juga pandai menyelami kepribadian, sehingga mereka tahu bagaimana mengenali kebutuhan, ketakutan, dan kekhawatiran eksternal secara lebih baik.

3. Mampu mengatasi kecemasan dan stres

Mereka yang menikmati kesendirian juga ternyata mampu atasi stress dan kecemasan.

Selain itu, mereka memiliki pandangan yang baik tentang diri mereka sendiri. Namun, ketika mereka memikirkan bagaimana orang lain melihat mereka, mereka terkadang berpikir orang menganggap mereka sebagai seseorang yang tidak normal.

Kebiasaan menyendiri memang tak dapat dilakukan oleh semua orang, karena semua orang memiliki kepribadian yang berbeda. Namun, perbedaan ini tidak membuat satu sisi menjadi inferior dari yang lain.

Ada baiknya kamu mengerti bagaimana kepribadianmu, apakah orang yang senang ramai atau sendiri. Jalanilah sesuai apa yang kalian mau dan jangan paksakan kepribadian orang lain menjadi kepribadianmu.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved