Buah yang Tidak Cocok Disimpan di Kulkas, Bukannya Awet Tapi Cepat Busuk

Tanggal: 21 Jun 2024 20:44 wib.
Penggunaan kulkas untuk menyimpan berbagai bahan makanan memang memudahkan. Kulkas memberikan suhu dingin yang mampu menjaga kesegaran dan keamanan bahan makanan. Namun, tidak semua bahan makanan cocok disimpan di dalam kulkas. Salah satunya adalah berbagai jenis buah-buahan. Penyimpanan buah-buahan harus diperhatikan dengan seksama, terutama dalam hal memilih tempat penyimpanan yang tepat agar tetap segar dan tidak cepat busuk. 

1. Melon yang Tidak Dipotong atau Dikupas
Buah melon memang nikmat dikonsumsi dalam kondisi dingin atau segar, namun penyimpanan buah melon ini harus sangat diperhatikan. Sebagian kandungan vitamin pada buah melon bisa menurun bila disimpan dalam kulkas tanpa dikupas dan dipotong terlebih dahulu. Bukan hanya itu, penyimpanan di dalam kulkas juga bisa menghilangkan senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah melon.

2. Buah Semangka
Buah semangka sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas untuk menjaga rasanya. Menyimpan semangka dalam suhu ruang dapat menjaga antioksidan yang ada didalamnya. Namun, jika semangka telah dipotong, maka simpan dalam lemari es selama 3 sampai 4 hari saja.

3. Buah Pisang
Udara dingin menjadi salah satu musuh bagi buah pisang. Oleh sebab itu, buah ini sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Untuk pisang yang belum matang, tidak akan menjadi matang jika disimpan di dalam kulkas. 

4. Mangga Mentah
Biarkan mangga utuh yang belum dipotong diletakkan di atas meja untuk matang, dan setelah siap dipotong dan dimakan, baru disimpan dalam kulkas.

5. Nanas Utuh
Menyimpan nanas utuh dalam kulkas bisa membuat rasa manis nanas menjadi berkurang. Buah nanas yang lebih cocok disimpan di dalam kulkas adalah yang sudah dipotong.

6. Alpukat Mentah
Alpukat mentah yang dinginkan di dalam kulkas justru bisa rusak lebih cepat. Disarankan untuk menyimpan alpukat mentah ini pada suhu ruang selama 4 sampai 7 hari. Apabila sudah matang, barulah disimpan dalam kulkas.

7. Buah Peach
Buah peach yang disimpan lama di kulkas bisa menghilangkan keaslian rasanya dan teksturnya bisa menjadi lebih lembek. Jika ingin menyimpannya di dalam kulkas, disarankan memotongnya dan didiamkan di dalam kulkas selama tiga puluh menit sebelum dikonsumsi.

8. Tomat
Penyimpanan tomat di dalam kulkas bisa membuatnya berair dan dapat merusak membrannya, sehingga sebaiknya disimpan pada suhu ruang.

9. Buah Pepaya
Cukup disimpan pada suhu ruang dan wadah yang tepat saja.

10. Buah Berry
Buah-buahan ini tidak cocok disimpan dalam kulkas karena ini bisa membuatnya mudah layu dan busuk jika disimpan di tempat yang bersuhu rendah. Lebih baik disimpan di suhu ruangan dan diberi angin-angin.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak semua buah cocok disimpan di dalam kulkas. Beberapa jenis buah justru lebih baik disimpan pada suhu ruang agar tetap segar dan tidak cepat membusuk.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved