Berikut Ini Alasannya Mengapa Kamu Perlu Staycation

Tanggal: 16 Des 2022 17:16 wib.
Bosan dengan vacation yang itu-itu saja? Atau, waktu liburanmu terbatas untuk bisa menjelajahi berbagai destinasi wisata yang kamu inginkan? Jika hal tersebut menjadi permasalahanmu, staycation bisa jadi alternatif staycation yang bisa kamu coba. Staycation sendiri telah menjadi dikenal di Indonesia sejak awal 2010-an. Namun, trend staycation baru mengalami peningkatan minat di Indonesia, khususnya di kota-kota besar sejak awal 2018 dan sampai saat ini masih terus bertambah.

Namun, apa sebenarnya arti staycation itu dan mengapa semakin banyak orang memilih untuk melakukan staycation daripada vacation pada umumnya? Staycation berasal dari dua kata bahasa Inggris yakni stay dan vacation. Stay bisa diterjemahkan menjadi “tinggal”, sedangkan vacation memiliki arti “liburan”. Jika digabungkan, maka kedua kata ini bisa diartikan secara sederhana sebagai liburan dengan tinggal atau menetap di suatu tempat.

Sedangkan, menurut Cambridge Dictionary, definisi Staycation adalah liburan yang dilakukan di rumah atau di dekat rumah tanpa pergi atau melakukan perjalanan ke tempat lain. Meskipun bisa dikatakan trend staycation baru meledak di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, di Amerika Serikat trend staycation sudah dikenal sejak tahun 2003, lho! Di Indonesia sendiri, trend staycation cenderung lebih banyak ditemukan di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, dan juga Surabaya.

Beragam pilihan hotel, apartment, dan villa biasa menjadi pilihan favorit tujuan staycation di Indonesia. Hotel atau akomodasi lainnya yang nyaman serta memiliki fasilitas yang lengkap, dianggap mampu memberikan suasana berbeda daripada menghabiskan hari libur berdiam diri di rumah. Lokasi hotel atau apartment yang berdekatan dengan pusat hiburan lainnya seperti Mall atau kawasan kuliner menjadi nilai tambah.

Staycation bisa kamu lakukan sendiri, bersama teman-teman, atau bahkan bersama keluarga. Baik untuk mengisi hari libur, menghabiskan akhir pekan, atau merayakan sesuatu (seperti anniversary pernikahan dan ulang tahun), staycation kerap menjadi salah satu alternatif pilihan yang menarik.

Alasan Staycation Menjadi Pilihan Liburan yang Digemari di antaranya karena hal-hal berikut ini :


Perencanaan yang Lebih Mudah


Alasan pertama mengapa staycation lebih diminati adalah karena trend liburan satu ini jauh lebih mudah direncanakan daripada gaya vacation konvensional. Cukup dengan memesan hotel atau apartemen dan villa kamu tanpa perlu memusingkan itinerary kamu sudah bisa melakukan staycation.


Harga yang Lebih Terjangkau


Salah satu pertimbangan utama mengapa staycation lebih sering menjadi pilihan adalah harganya yang lebih terjangkau. Kamu tak perlu menyiapkan dana untuk tiket penerbangan atau tiket untuk masuk ke wahana-wahana wisata karena biaya utama dalam staycation adalah biayaakomodasi saja.


Tidak Memakan Banyak Waktu


Karena tidak perlu melakukan perjalanan jauh keluar kota, staycation bisa kamu lakukan tanpa perlu menunggu libur panjang atau mengajukan cuti. Umumnya akhir pekan saja sudah cukup untuk kamu bisa merencanakan staycation di dalam kota. Tapi, tak jarang pula orang yang memanfaatkan libur panjang untuk melakukan staycation di luar kota.


Sama-sama Mampu Memberikan Efek Refreshing


Meskipun terkesan sederhana dan bisa dilakukan dalam waktu singkat, ternyata staycation banyak dipilih karena mampu menghadirkan atmosfer berbeda sehingga bisa memberikan efek refreshing yang sama dengan pergi traveling atau liburan keluar kota.


Staycation untuk Kesehatan Mental


Sudah dua tahun sejak Covid-19 menjadi pandemi dan menyebabkan terbatasnya ruang gerak untuk aktivitas sehari-hari, apalagi untuk berlibur. Pada beberapa orang, hanya beraktivitas di sekitar rumah dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental , seperti stres dan depresi. Kondisi ini tentu saja dapat membuat kamu burnout dan menurunkan produktivitas, serta motivasi bekerja.

Itu tadi arti staycation beserta alasan penting mengapa kamu perlu melakukannya dalam waktu dekat. Ada banyak hal positif yang bisa kamu rasakan, bukan? Nah, kira-kira kali ini kamu mau staycation ke mana nih?
Copyright © Tampang.com
All rights reserved