Berat Badan Tak Mau Turun? Coba Rampingkan Dengan Diet Serat!

Tanggal: 30 Jan 2018 17:05 wib.
Anda mungkin sudah sangat hafal dengan berita yang menyatakan sejumlah studi membuktikan, serat dapat membantu penurunan berat badan. Anda mungkin juga sudah mencoba mendapatkan serat, mulai dari ganti roti putih dengan roti gandum dan lain sebagainya, tapi berat badan tetap tak mau turun. Anda putus asa dan meninggalkan serat.

Penyebab kegagalan Anda mungkin karena salah strategi. Bahkan pediet sehat pun tidak mendapatkan kecukupan serat yang diperlukan. Rata-rata pediet perlu meningkatkan asupan serat sampai 2 kali lipat atau bahkan 3 kali lipat untuk mendapatkan khasiat perampingan ini.

Dari eksperimen yang dilakukan Watson, dengan dirinya sendiri sebagai kelinci percobaan, ia akhirnya menemukan, untuk menurunkan berat badan, diperlukan 35 gram serat sehari. Menghitung juga perlu. Jika tidak, jumlah serat yang didapatkan kemungkinan kurang. Tapi tidak harus dengan hitungan rumit. Yang penting Anda yakin, setiap kali makan Anda mendapatkan paling sedikit 8 gram serat (snack paling sedikit 5 gram). Hanya itu saja.

Mendapatkan 35 gram serat setiap hari ternyata mempunyai berbagai khasiat, diantaranya:

Tidak mudah lapar

Serat adalah bahan keras dari tumbuhan yang tak bisa dipecah tubuh, membantu Anda merasa kenyang lebih lama dengan kalori 0. Selain itu, menurut riset terkini University of California, serat juga memicu pelepasan hormon penekan nafsu makan CCK. Cara lain untuk pemicuan ini adalah dengan makan lemak. Bedanya, lemak tinggi kalori dan serat tidak.

Menghambat absorpsi kalori

Para periset USDA menemukan, untuk setiap gram serat yang Anda makan, Anda menghambat absorpsi 7 kalori. Jadi, dengan mendapatkan 35 gram serat, Anda dapat menghambat 245 kalori. Hampir sama dengan kalori yang dibakar dengan olahraga minimum 30 menit.

Contoh menu diet 35 gram serat

Saat menjalani diet ini, pastikan minum 8-10 gelas air setiap hari.

Sarapan

Smoothie kaya serat

Campur 1/2 cup buah yang dibekukan, 100 ml jus atau susu bebas lemak, 100 ml air putih dan 1/4 cup protein shake mix. Proseslah dalam blender sampai halus.

Makan siang


2 ons irisan daging tanpa lemak
1 bungkus tortilla multigrain
1 sendok teh mustard
2 cup bayam
1/2 sendok makan minyak zaitun, air jeruk lemon
1 cup cabai vegetarian
4 cracker gandum
1 buah jeruk kecil


Makan Malam


4 ons salmon panggang
1/2 buah ubi jalar panggang
1 sendok teh mentega
1 cup brokoli kukus
1 buah roti gandum
4 ons dada kalkun
1 cup nasi beras cokelat
8 lonjor asparagus, lemon


Demikianlah cara ramping dengan diet serat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved