Benarkah Lajang Bisa Lebih Bahagia?

Tanggal: 12 Feb 2018 14:31 wib.
Tampang.com - Jika kamu masih belum menemukan pasangan, jangan dulu merasa gagal dan berkecil hati. Pasalnya, ada penelitian yang menemukan bahwa orang yang lajang lebih bahagia dibanding yang sudah berpasangan.

Memiliki waktu yang bisa dinikmati sendiri adalah salah satunya. Studi tersebut menemukan bahwa lajang bukan hanya cenderung menerima kesendirian, tapi merasakan keuntungannya. Orang lajang cenderung memiliki jejaring sosial yang lebih kuat.

Pada 2015, peneliti sosial bernama Natalia Sarkisian dan Naomi Gerstel mulai mengeksplorasi bagaimana variasi hubungan dengan saudara, tetangga, dan teman antara orang dewasa di Amerika yang single dan sudah menikah.

Mereka menemukan bahwa para lajang tidak hanya cenderung sering berinteraksi dengan jejaring sosial mereka, tapi juga cenderung memberi dan menerima bantuan dari orang-orang ini lebih sering dibandingkan teman-temannya yang sudah menikah.

Hasil ini tetap stabil meskipun para ilmuwan memperhitungkan faktor-faktor lain seperti seperti ras, jenis kelamin, dan pendapatan. Sederhananya, "melajang meningkatkan hubungan sosial baik wanita maupun pria," kata Sarkisian dan Gerstel di jurnal mereka.

Membina persahabatan adalah kunci untuk menua dengan bahagia dan meningkatkan kebahagiaan, berdasarkan penelitian terbaru.

Salah satu dari penelitian, yang diterbitkan pada 2008 di British Medical Journal, menemukan bahwa orang-orang yang secara rutin berinteraksi dengan 10 orang lain atau lebih secara signifikan merasa lebih bahagia daripada mereka yang tidak melakukannya. Teman yang bukan anggota keluarga Anda mungkin sangat penting.

Dalam sebuah studi yang melibatkan hampir 280.000 orang, William Chopik, asisten profesor psikologi di Michigan State University, menemukan bahwa pertemanan menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia.

Pada orang tua, persahabatan berperan besar untuk kesehatan dan kebahagiaan dibandingkan hubungan dengan anggota keluarga. "Menjaga hubungan baik dengan beberapa teman bisa membuat perbedaan besar bagi kesehatan dan kesejahteraan kita," kata Chopik dalam sebuah pernyataan. "Jadi, adalah hal cerdas untuk menjaga persahabatan yang membuat Anda merasa sangat bahagia."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved