Begini Cara Berjabat Tangan Agar Orang Mengingat Anda

Tanggal: 17 Agu 2017 22:44 wib.
Bagi sebagian orang, berjabat tangan merupakan hal yang biasa. Melakukannya dalam beberapa detik, dianggap sebagai suatu kebiasaan. Padahal, berjabat tangan memiliki fungsi tertentu, salahsatunya adalah agar orang lain mengingat Anda. Seperti yang dilansir dari lifehack.org, terdapat beberapa cara dalam berjabat tangan yang perlu Anda ketahui.

Ahli Saraf mengkonfirmasi jabat tangan yang baik membuat kesan abadi

Entah kita menjalin jaringan untuk bisnis atau bertemu seseorang di fungsi sosial untuk pertama kalinya, memberikan jabat tangan yang tepat adalah cara yang bagus untuk membuat kesan pertama.

Di zaman kuno, jabat tangan adalah cara bagi orang untuk menunjukkan bahwa mereka tidak bersenjata. Seperti hari ini, sebuah jabat tangan menyampaikan kemauan dari pihak kedua pihak untuk melakukan percakapan yang aman dan produktif.

Dalam bisnis, kami berjabat tangan setiap saat. Tidak seperti isyarat bahasa tubuh yang kita analisis saat kita bertemu seseorang untuk pertama kalinya, jabat tangan melibatkan kontak fisik. Cara Anda berjabat tangan dengan seseorang, dan cara Anda melakukan balasan, mengkomunikasikan volume tentang interaksi yang akan diikuti.

Ahli syaraf telah memastikan bahwa jabat tangan yang tepat memiliki kekuatan untuk mempromosikan positifitas antara orang-orang yang terlibat dalam perilaku dan juga pengamat. Jabatan tangan yang meyakinkan meningkatkan minat seseorang terhadap interaksi, mengurangi asosiasi negatif, dan berkomunikasi pada tingkat yang lebih dalam daripada pertukaran verbal.

Jabat tangan terburuk yang saya terima

Kami telah membuat kesepakatan dan memperkuat kesepakatan dengan jabat tangan selama berabad-abad, tapi itu tidak berarti bahwa kita selalu melakukannya dengan benar. Etiket jabat tangan jarang diajarkan secara formal, namun kebanyakan dari kita dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk.

Saya dengan jelas ingat berjabat tangan dengan pria gugup di sebuah konferensi. Telapak tangannya lembap dan dingin, dan tangannya jatuh seperti ikan mati. Tanpa mengucapkan sepatah kata pun, saya tahu bahwa dia tidak nyaman dengan situasinya.

Di ujung spektrum jabat tangan, rekan kerja ayahku pernah menjabat tanganku dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga kupikir dia mungkin bisa menghancurkan tulang-tulang kecil di tanganku. Dari konteksnya, saya tahu bahwa dia hanyalah kepribadian yang kuat yang menegaskan dirinya sendiri, namun dalam konteks lain ini dapat dilihat sebagai sebuah pertunjukan kekuatan.

Jabat tangan tidak selalu ramah gerak tubuh. Dalam beberapa kasus, mereka adalah kekuatan yang dimainkan di mana pegangan agresif berfungsi sebagai cara untuk memanipulasi orang lain untuk mendengarkan atau mengirimkan.

Memulai jabat tangan membuat orang merasa yakin bahwa Anda



Pemrakarsa gerakan menunjukkan kepercayaan diri. Biasanya, orang yang memiliki kekuatan lebih besar akan memulai jabat tangan. Jika Anda ingin menunjukkan rasa hormat pada orang yang Anda temui, Anda mungkin ingin menunggu mereka memulai mosi.

Saat Anda dalam wawancara kerja atau Anda akan melakukan negosiasi, Anda dapat memberi tahu orang lain bahwa Anda adalah orang yang percaya diri dengan terlebih dulu memperpanjang tangan Anda. Bagi audiens yang lebih konservatif atau orang yang statusnya jauh lebih tinggi dari Anda, lebih baik menunggu untuk menunjukkan rasa hormat dari orang tersebut.

Meniru bahasa tubuh orang lain

Dalam kebanyakan kasus, isyarat itu dimaksudkan untuk mempromosikan perasaan positif, tapi juga bisa digunakan sebagai bentuk sikap sosial. Selama pertemuan politik terutama, satu pihak akan berusaha menunjukkan dominasinya kepada orang lain dengan menggunakan jabat tangan yang agresif atau mengendalikan.

Jabat tangan antara Presiden A.S., Donald Trump dan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, adalah contoh bagus jabat tangan yang digunakan sebagai permainan kekuasaan.



Donald Trump terkenal karena cara tangannya yang tidak biasa, dan penerima memiliki cara yang berbeda untuk merespons situasi. Dalam kasus jabat tangan Trump dan Trudeau, Trump mulai dengan meletakkan tangannya di bahu Trudeau. Trudeau mencerminkan tindakan ini, yaitu etiket jabat tangan yang tepat.

Jabat tangan tidak berakhir di sana. Isnyal jabat tangan Trump melibatkan hentakkan pihak lawan ke arahnya. Ketika Trump menarik Trudeau ke arahnya, dia melawan dengan tangan yang menempel di bahu Trump. Trudeau meniru bahasa tubuh sampai menjadi terlalu dominan, dan pada saat itulah dia berdiri tegak. Trudeau mendapatkan rasa hormat internasional dengan menangani momen yang berpotensi canggung dengan baik dan menjaga keseimbangan kekuasaan.

Tawarkan salam yang dapat dipercaya dengan menggunakan metode double-handed atau jabat dua tangan

Ada banyak cara bernuansa berjabat tangan, tapi jika Anda ingin menunjukkan bahwa Anda dapat dipercaya, berikan jabat tangan dua tangan.

Manuver ini tidak sesuai untuk setiap situasi. Jika Anda bertemu seseorang untuk pertama kalinya, penggandengan ganda bisa terlihat terlalu intim. Setelah Anda memiliki beberapa waktu untuk membentuk ikatan emosional dengan orang tersebut, Anda bisa menggunakan teknik ini.



Pendekatan dua tangan ini mengatakan, "Saya dapat dipercaya," karena ini melipatgandakan jumlah kontak fisik yang Anda miliki dengan lawan bicara Anda. Pada tingkat yang lebih primitif, memperluas kedua tangan menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda tidak dapat menyembunyikan senjata apa pun dan tidak ada bahaya tersembunyi dalam isyarat Anda.



Mantan Ibu Negara, Michelle Obama berjabat tangan dengan Ratu Elizabeth II. Nyonya Obama menggunakan metode jabat dengan dua tangan ini, yang menyampaikan kehangatan dan kepercayaan. Michelle mencondongkan tubuh ke depan sedikit untuk mengakomodasi perbedaan ketinggian mereka dan menunjukkan bahwa dia berkomitmen pada isyarat tersebut.

Berdiri ke kiri agar terlihat lebih bertenaga

Begitu banyak bahasa tubuh kita sampai ke penempatan fisik kita di tempat yang luas. Jika Anda ingin tampil lebih kuat di depan sekelompok orang atau saat berpose foto, berdirilah di sisi kiri.

Orang di sebelah kiri akan selalu dianggap lebih dominan daripada orang yang di sebelah kanan. Bila Anda berdiri di sebelah kiri, akan lebih mudah bagi Anda untuk meraih jabat tangan. Itu tidak berarti bahwa Anda harus menyatakan kekuatan itu, tapi kesempatan itu ada untuk Anda. Orang di sebelah kiri hampir selalu terlihat seperti mereka yang mengendalikan gerak tubuh.



Tembakan Brad Pitt ini berjabat tangan dengan mantan Sekretaris Negara John Kerry menunjukkan betapa mudahnya orang di sebelah kiri bisa terlalu banyak mengontrol jabat tangan. Tangan Pitt berada dalam posisi dominan, dan jika dia ingin mengungkapkan kekuatannya, dia bisa melakukannya dengan mudah.



Selama pertemuan antara Gubernur California, Arnold Schwarzenegger dan George W. Bush, mantan Presiden Amerika Serikat, gubernur ditunjukkan di sebelah kiri meskipun presiden mengungguli dia. Bahasa tubuh jabat tangan ini menunjukkan rasa saling menghormati.

Buat palet vertikal Anda jika Anda ingin membuat Anda berdua sama



Meskipun jabat tangan adalah interaksi singkat, setiap orang bisa menyampaikan banyak informasi ke hal lain melalui itu. Penting untuk memperhatikan detail kecil sehingga orang lain dapat membaca maksud Anda.

Misalnya, untuk memastikan bahwa gerakan dua tangan tersebut menyampaikan kesetaraan dan rasa hormat kepada lawan bicara Anda, pastikan Anda tetap memegang kedua telapak tangan pada posisi vertikal.

Ketika telapak tangan seseorang menghadap ke bawah dengan jabat tangan, itu berarti orang tersebut berada di atas angin dan memegang kendali. Palang yang menghadap ke atas tunduk pada pertukaran ini. Orang dengan tangan menghadap ke bawah bisa mendorong tangan yang tunduk lebih jauh lagi jika orang tersebut berusaha untuk menegaskan dominasi. Ketika kedua telapak tangan tetap tegak lurus, ia akan mengirimkan pesan bahwa Anda sama-sama berada di tempat yang sama.

Ubah tekanan untuk mengakomodasi orang lain

Tegas dan tegas dengan jumlah tekanan yang Anda gunakan, tapi hindari mencengkeram terlalu keras. Jika pegangan orang lain tampak lebih lemah dari Anda, kurangi seberapa kuat Anda memegang tangan itu. Bila sebaliknya terjadi, tingkatkan kekuatan dan tekanan pegangan sehingga tidak dianggap lemah.

Ini tidak berarti bahwa Anda harus mengganti jabat tangan Anda yang kuat untuk yang lemah, atau sebaliknya, tapi jika kekuatan pegangannya tetap tidak seimbang, ini bisa memberi tahu orang lain banyak tentang Anda. Lakukan yang terbaik untuk mencocokkan tingkat tekanan yang Anda terima.

Jabat tangan yang baik mengatur panggung

Bentuk komunikasi diam ini bisa memberi tahu orang lain banyak tentang motif dan niat Anda. Mempraktekkan etiket jabat tangan yang baik dapat memulai hubungan positif yang bertahan jauh melampaui beberapa detik di mana pertukaran berlangsung. Jabat tangan yang bagus bisa meninggalkan kesan yang bertahan seumur hidup.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved