Bagian Sisa dari Buah Ini Ternyata Kaya Manfaat

Tanggal: 13 Sep 2017 17:35 wib.
Tampang.com - Sudah jadi rahasia umum, bahwa buah dan sayuran sangat disarankan untuk dikonsumsi karena kaya nutrisi yang penting.

 

Biasanya, bagian buah yang kita konsumsi adalah bagian dalamnya atau isinya. Padahal, ternyata bagian luar dari beberapa buah dan sayuran sayuran mengandung phytochemical, seperti karotenoid, yang membantu mengurangi risiko penyakit, mulai dari kanker dan masalah mata tertentu.

 

Dengan membuang-buang bagian sisa tersebut, seperti kulit buah, biji atau daun, kita benar-benar membuang manfaat yang terkandung di dalamnya.

Pasalnya, kulit dan daun dari buah tertentu mengandung banyak antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu dalam melawan penyakit tertentu.

Ada masalah limbah makanan yang serius di seluruh dunia, sebab 30-40% persediaan makanan global dibuang sia-sia. Tapi, sebagai konsumen dapat melakukan sedikit dengan mengurangi limbah makanan dan itu bisa dilakukan jika kita menggunakan kembali sisa makanan karena mereka sehat dan mudah didapat.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari bagian buah-buahan dan sayuran ini, dikutip dari boldsky.

1. Biji semangka

Biji semangka kaya akan protein, vitamin B dan banyak nutrisi mikronutrien seperti kalium dan seng yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kekebalan tubuh serta menjaga tingkat gula darah tetap terkendali. Biji semangka bisa dikonsumsi langsung atau kamu juga bisa mengeluarkan minyak dari biji semangka untuk perawatan kulit dan rambut.

2. Kulit buah melon

Kulit melon kaya akan asam amino yang berkontribusi terhadap pelebaran pembuluh darah dan membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah. Kamu bisa memasukkan kulit melon ke dalam makanan dengan mencampur kulit buah melon untuk smoothie segar.

3. Daun strawberry

Daun strawberry membantu dalam memerangi radikal bebas berbahaya di dalam tubuh, dan meminumnya dalam bentuk teh juga bisa membantu menyembuhkan sakit perut.

4. Bonggol jagung

Bonggol jagung rendah kalori, baik untuk diabetes dan membantu mencegah penyakit mata serta penyakit kardio vaskular. Antioksidan yang terkandung di dalamnya, juga membantu mencegah kanker.

5. Kulit lemon

Kulit lemon mengandung tambahan enzim, serat dan vitamin A yang membantu dalam melawan kanker, meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan kadar kolesterol. Campur dengan berry atau buah jeruk lainnya dan yoghurt serta madu.

6. Biji labu

Biji labu kaya akan nutrisi seperti zat besi, omega-3, seng, magnesium, serat, kalsium, vitamin B, dan lainnya. Selain itu, juga memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker serta artritis. Kamu bisa memanggangnya, memakannya sebagai camilan, dimakan mentah atau bahkan memasukkannya ke dalam salad dan roti.

7. Kulit jeruk

Kulit jeruk, pembangkit tenaga yang kaya akan serat, vitamin dan flavonoid, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi pembuluh darah yang pecah dan mencegah peradangan berlebihan di seluruh tubuh. Kamu juga bisa mengonsumsinya dengan mencampur seluruh buah menjadi smoothie yang lezat.

8. Kulit mentimun

Kulit mentimun sumber serat makanan yang baik yang membantu mengurangi sembelit dan memberi perlindungan terhadap kanker usus besar.

9. Daun bit

Daun bit penuh dengan nutrisi penting yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan detoksifikasi. Kamu juga dapat memanggangnya atau dibuat sup.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved