Bagaimana untuk Memiliki Otak Kedua agar Mampu Mengingat Lebih Banyak?

Tanggal: 2 Agu 2017 17:35 wib.
Seluruh hidup Anda tergantung pada Anda untuk dapat mengambil sesuatu dari ingatan Anda.

Saya yakin Anda tahu apa yang saya maksud ... "Di mana kunci saya?" "Tugas utama apa yang harus saya selesaikan hari ini?" "Jam berapa pertemuan yang harus saya hadiri?"Pertanyaan seperti ini membombardir pikiran kita setiap hari.

Jika Anda dapat mengingat kembali informasi yang relevan, Anda akan menjaga hidup Anda tetap pada jalurnya. Namun, jika Anda gagal mengingat informasi - hidup Anda akan mulai bergerak dalam arah yang membingungkan dan tidak produktif.

Kita semua suka untuk meningkatkan ingatan kita, tapi sering kita melakukannya dengan cara yang salah. Ini bukan tentang berapa banyak informasi yang dapat kita serap ke dalam pikiran kita, tapi betapa mudahnya kita dapat mengambil informasi ini (yang kebanyakan orang tidak pandai).

Overload Informasi = Gagal Memori

Kita hidup di era informasi, di mana pikiran kita terkepung 24 jam oleh fakta, figur, berita, drama dan tren.

Untuk mempertahankan posisi kami di antara teman-teman sebayanya, kebanyakan dari kita berusaha dengan sia-sia untuk selalu mengetahui segala hal mulai dari musik hingga film hingga politik.

Ini adalah pusaran informasi yang tidak pernah berakhir. Dan jika Anda mencoba mengingat semua informasi ini - Anda mungkin mendapati bahwa pikiran Anda menjadi sangat penuh sehingga Anda mulai kehilangan kemampuan untuk berpikir jernih.

Informasi yang berlebihan adalah wabah zaman modern. Dan ingatan Anda kemungkinan besar adalah salah satu korban wabah.

Misalnya, ketika Anda masih muda, Anda mungkin suka bernyanyi bersama dengan lagu favorit Anda. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, Anda sudah mulai melupakan kata-kata itu pada lagu-lagunya. Semakin Anda mencoba mengingat kata-kata - semakin jauh dari pikiran Anda, nampaknya. Ini membuat frustrasi, dan mungkin telah membuat hobi yang biasa Anda cintai.

Mungkinkah itu selama bertahun-tahun, Anda sudah mencoba mengingat terlalu banyak lagu? Mungkin.

Seperti yang akan Anda lihat di bawah, terus-menerus membebani memori Anda, dapat menyebabkan masalah mengingat dan interaksi sosial yang memalukan.

Ada di Informasi Lidahku, Tapi ...

Hal itu bisa membuat kita tertekan saat alur percakapan kita terhambat oleh ketidakmampuan kita mengingat informasi. Dan ini bisa sangat traumatis jika terjadi selama lingkungan kerja formal.

Misalnya, bayangkan Anda sedang melakukan presentasi di tempat kerja kepada beberapa klien potensial. Anda telah membuat slide PowerPoint untuk memandu Anda melalui presentasi Anda, namun sebagian besar pesan yang ingin Anda sampaikan disimpan di bank memori pikiran Anda. Anda memulai presentasi Anda secara positif, tapi setelah beberapa pertanyaan canggung dari salah satu klien, Anda melihat kepercayaan diri Anda tergelincir - dan kemampuan mengingat Anda juga jatuh! Tiba-tiba, fakta dan figur nampak keluar dari genggamanmu. Anda gagap, dan dengan cepat kehilangan perhatian penonton. Dengan kata lain: presentasi Anda sudah menurun.

Menyimpan banyak informasi dalam ingatan Anda tidak berharga jika Anda tidak dapat mengingat suku cadang yang Anda butuhkan - pada saat Anda membutuhkannya. Untungnya, ada cara untuk memberi memori fisik Anda beberapa ruang bernapas yang sangat dibutuhkan.

Cara Membiarkan 'Otak Digital' Ambil Peran

Otak fisik kita hanya bisa memberi kita kemampuan penyimpanan dan mengingat memori yang terbatas. Batasan ini dulu cukup, tapi seperti yang disebutkan sebelumnya, kita sekarang hidup di era informasi, di mana kemampuan kita untuk menyerap dan mengingat informasi telah terbentang di luar kemampuan normal kita.

Apa jawaban untuk masalah ini? Nah, Anda bisa mulai dengan memberikan beberapa dari penyimpanan dan recalling ini ke otak digital.

Dengan ini, saya tidak bermaksud Anda mengubah diri Anda menjadi cyborg. Sebenarnya, satu-satunya hal yang akan Anda ubah menjadi versi diri Anda yang super efisien dan produktif!

Saya telah menyebutnya sebagai otak digital, tapi Anda akan mengetahuinya hanya sebagai penyimpanan digital atau online. Dan Anda yakin untuk mengenali beberapa alat:


    Airtable
    Dropbox
    Evernote
    google Drive
    Pocket


Perangkat lunak di atas (dan perangkat sejenis lainnya) memungkinkan Anda menyimpan, mengatur, dan dengan mudah mengambil informasi. Misalnya, Pocket memungkinkan Anda menangkap blog, berita dan video ke dalam dompet digital. Hal ini dicapai melalui proses satu klik. Setelah konten ada di dalam dompet Anda, Anda dapat mengambil dan melihatnya kapan saja. Jelas, ini jauh lebih efisien daripada mencoba mengingat cerita mana yang pernah Anda lihat di awal hari - tapi tidak sempat membaca / menonton.



Alih-alih mencoba mengingat semuanya dengan otak fisik Anda, mulailah mengalihkan beberapa informasi ke otak digital Anda. Apapun alat (atau alat) yang Anda putuskan untuk digunakan, Anda akan segera dapat memanfaatkan keuntungan berikut ini:


Anda dapat menyimpan sebanyak mungkin informasi yang Anda inginkan. (Rencana bebas hanya menawarkan penyimpanan terbatas.)
Anda dapat dengan mudah mengatur dan memprioritaskan informasi yang tersimpan.
 Informasi yang tersimpan tersedia dalam waktu instan, 24/7, 365 hari setahun.



Dibandingkan dengan mengandalkan 100 persen pada otak fisik Anda, penambahan otak digital akan sangat membantu Anda. Anda akan bisa menentukan apa yang harus disimpan, apa yang tidak harus disimpan, dan kapan harus mengambil informasi. Anda juga bisa menggunakan otak digital untuk membantu Anda dalam daftar tugas dan perencanaan tujuan Anda.

Saya pribadi menggunakan Google Drive untuk menyimpan semua dokumen dan gambar saya, dan saya menggunakan Todoist untuk membantu saya mengelola tugas dan beban kerja saya sehari-hari. Saya telah menemukan menggunakan otak digital untuk membebaskan. Sebelumnya, saya sering stres karena mencoba mengingat semuanya - sekarang pikiran saya terasa rileks dan bebas. Saya juga memiliki lebih banyak energi mental untuk kegiatan kreatif.

Anda mungkin berpikir bahwa orang-orang yang sangat produktif harus diberkati dengan kenangan super-powered. Yang pasti, ada beberapa, tapi kebanyakan orang ini adalah orang biasa, dengan satu perbedaan ... Mereka telah belajar menggunakan otak digital untuk membantu mereka menyimpan dan mengambil informasi - dan untuk mengatur kehidupan mereka.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved