8 Rahasia Dalam Pesawat yang Hanya Diketahui Oleh Petugas Penerbangan

Tanggal: 17 Jan 2018 10:31 wib.
Ketika menaiki pesawat, kita akan mengetahui banyak peraturan dan larangan yang harus dipatahui oleh seluruh penumpang pesawat. Larangan-larangan tersebut biasanya akan diinformasikan alasannya apa oleh petugas pesawat mulai dari keamanan pesawat, kestabilan sinyal pesawat, dan sebagainya. Akan tetapi tidak semua alasan tersebut benar.

Berikut 8 rahasia dalam pesawat yang hanya diketahui oleh petugas pesawat.


Merokok Dalam Pesawat




Larang satu yang satu ini adalah yang paling sering diingatkan kepada penumpang pesawat hampir setiap saat yakni dilarang merokok. Alasan utama larangan hal ini adalah mencegah terjadinya kebakaran dan bahaya asap rokok terhadap penumpang lain. Namun, tahukah kamu bahwa dulu merokok dalam pesawat pernah diizinkan dan tidak terjadi kebakaran. Alasan sebenarnya larangan merokok dalam pesawat adalah asap rokok dapat membuat AC cepat rusak karena harus menyaring asap rokok.


Mematikan Ponsel




Mematikan ponsel saat naik pesawat merupakan peraturan yang terus diingatkan oleh petugas pesawat kepada penumpang dengan alasan menghidupkan ponsel dapat menganggu sinyal pesawat. Tetapi sebenarnya alasan tersebut hanyalah mitos, dimana ponsel sebenarnya hanya mengganggu sinyal radio dari menara pusat ke pesawat. Justru crew pesawat sering menggunakan ponsel mereka selama penerbangan.   


Kode rahasia pembajakan




Bila pesawat dibajak maka pilot akan membuat bagian kecil yang terdapat di sayap belakang pesawat untuk memperlambat pesawat saat mendarat. Hal ini merupakan kode bahwa siapa pun yang berada dalam pesawat sedang terancam dan sebagai penanda bagi pesawat lain. Kode ini telah menjadi prosedur bagi setiap pesawat.


Nomor besar landasan pacu




Mungkin sebagian besar dari kita tidak memperhatikan nomor besar yang ada di landasan pacu pesawat, dan mungkin sebagian juga berasumsi bahwa nomor tersebut merupakan kode bandara. Namun, tahukah kamu bahwa angka tersebut sangat penting yakni menyangkut penerbangan. Angka tersebut adalah penanda arah mata angina dengan hitungan derajat yang disederhanakan menjadi digit angkat pada runway.


Kotak hitam




Banyak orang berpikir bahwa kotak hitam pesawat tidak mudah hancur ataupun rusak karena setiap kotak hitam ditemukan saat kecelakaan maka kotak tersebut dalam kondisi utuh. Sebenarnya kotak hitam dapat rusak dan hancur jika berada dalam tekanan tinggi atau api. Namun, yang membuat kota tersebut selalu ditemukan utuh karena penempatannya di ekor pesawat yang sering terhindar dari benturan.


Lampu diredupkan




Setiap take off dan maupun landing lampu pesawat selalu diredupkan. Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya apa arti dari peredupan lampu tersebut. Maksud dari hal ini sebenarnya terkait dengan keselamatan pesawat, dimana para awak kabin dan penumpang dapat melihat lampu emergency yang terdapat di pesawat, sekaligus mempermudah penumpang melihat kondisi di luar pesawat.


Masker oksigen




Masker oksigen merupakan benda yang sangat penting dan harus ada di pesawat, serta hanya boleh digunakan saat darurat. Namun, tahukah kamu bahwa masker ini hanya dapat berfungsi selama 15 menit? Alasan kenapa hanya berfungsi 15 menit adalah karena ini adalah indikator bagi pesawat bahwa dalam waktu 15 menit pesawat harus dibawa ke ketinggian yang aman agar dapat bernafas dengan normal kembali.


Harga tiket karyawan




Banyak maskapai penerbangan yang memberi tiket murah kepada karyawannya bahkan tiket gratis kepada keluarga atau pasangannya. Ketika seorang karyawan membeli tiket pesawat di perusahaannya sebenarnya dia hanya membayar pajak saja, sedangkan ongkos penerbangan diberikan secara gratis oleh maskapai.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved