4 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bisa Merusak Kesehatan Kulit

Tanggal: 15 Feb 2018 07:51 wib.
Tampang.com - Mencukupi kebutuhan tidur menjadi salah satu perawatan untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, ada beberapa kebiasaan sebelum tidur yang sebaiknya dihindari agar kulit tetap sehat dan segar.

Dilansir dari Telegraph, Dr. Guy Meadows, pendiri The Sleep School dan pakar terkemuka di Inggris mengatakan bahwa tidur adalah waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan, memperbarui, dan menghilangkan racun dari kulit.

Ketika tidur, hormon pertumbuhan memuncak dan merangsang perbaikan sel dan jaringan. Namun, bila kualitas tidur rendah, maka proses perbaikan kulit ini menjadi lebih lambat.

Bila hal ini selalu terjadi, kadar kortisol akan meningkat dan pembentukan kolagen melambat, akibatnya lebih cepat dalam proses penuaan. Karena hal inilah, kita harus perhatikan kecukupan tidur kita.

Setelah dirasa waktu tidur cukup, maka perhatikan kebiasaan yang kita lakukan ketika hendak tidur. Karena ada beberapa kebiasaan, yang bisa sebabkan kesehatan kulit rusak. Berikut kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Tidak cuci muka

Mencuci muka sebelum tidur sangat penting dilakukan. Ini membersihkan kulit wajah dari keringat dan kotoran yang menyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat.

Hasilnya akan lebih maksimal jika menggunakan pembersih muka, kulit akan lebih segar dan proses perbaikan kulit akan lebih baik.

Selain cuci muka, kita juga bisa mandi terlebih dahulu bila pulang kerja lebih malam. Mandi dengan air hangat membuat tubuh lebih hangat dan rileks sehingga lebih mudah tidur serta kulit lebih bersih dari debu tentunya.

Namun, jangan biarkan rambut basah karena akan membuat seprai dan bantal menjadi lembap dan mudah tumbuh jamur.

Terlalu banyak menggunakan produk muka

Produk perawatan kulit di malam hari memang bisa membantu kesehatan kulit. Namun, terlalu banyak menggunakan produk tersebut di sebelum tidur bisa membahayakan kulit.

Misalnya, produk yang memiliki kandungan retinol untuk mencegah keriput, bila dicampurkan dengan peroksida benzoyl untuk melawan jerawat, dapat membuat kulit kering dan iritasi.

Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk penggunaan produk kecantikan yang sesuai dengan kulit. Bila sudah mendapatkan produk yang tepat, kebiasaan sebelum tidur ini memang baik dilakukan, tapi jangan berlebihan dalam penggunaannya.

Tidak minum air

Air sangat penting untuk kesehatan kulit dan struktur di bawah kulit. Saat tidur, sel-sel tubuh membutuhkan air untuk regenerasi kulit. Bila dehidrasi terjadi, kulit akan kehilangan elastisitas sehingga kering, kusam, dan tampak keriput.

Namun, pastikan untuk minum segelas air putih saja, tidak lebih. Sebab tidur kita pasti akan terganggu kalau harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Tidur tengkurap

Posisi ini mungkin menjadi posisi tidur yang paling nyaman bagi beberapa orang. Namun, menurut ahli dermatologi Dr. Purvisha Patel dalam laman Men’s Health, posisi ini memberikan efek pembengkakan, khususnya pada mata.

Sering tidur dengan posisi ini mendorong cairan menumpuk di wajah dan memberikan tekanan wajah untuk mengendur dan kehilangan kolagen.

Saat tidur, kita mungkin tak sadar dengan posisi tidur kita. Oleh karena itu, lebih baik menerapkan posisi tidur telentang atau miring dibanding langsung tidur dengan posisi tengkurap.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved