4 Kebiasaan di Malam Hari yang Bikin Cepat Tua

Tanggal: 12 Jan 2018 11:21 wib.
Tampang.com -  Bertambah tua memang hal yang pasti dialami semua orang. Walaupun memang banyak perawatan yang menawarkan hasil untuk memperlambat penuaan, tapi pasti lambat laun keriput pun akan muncul pada kulit. Kebanyakan orang pastinya berharap dapat menua dengan baik sebagai mana mestinya. Cara yang dipercaya dapat membuat Anda menua dengan baik yaitu dengan cara tidur malam yang cukup, menggunakan krim malam dan menggunakan tabir surya.

Tapi ternyata, cara tidur dan perawatan sebelum tidur yang salah juga bisa menyebabkan kulit cepat tua loh...

Dilansir Women's Health, Purvisha Patel, MD, dermatolog dan pendiri Visha Skincare, membeberkan kebiasaan malam apa saja yang bisa bikin cepat tua.

1. Tidak mencuci muka sebelum tidur



Mencuci muka sebelum tidur dapat membersihkan sisa make up yang masih menempel pada wajah. Hal ini sangat penting untuk menyingkirkan kotoran, keringat dan sisa make up yang menempel pada wajah seharian. Patel menyarakan agar menggunakan pembersih wajah yang dapat mengeksfoliasi pori agar kulit menjadi segar dan bisa beregenerasi saat tidur.

2. Tidak minum cukup air



Perawatan dari dalam pun sangat perlu. "Air merupakan komponen penting bagi kulit, dan struktur di bawahnya," lanjut Patel. "Ketika kamu dehidrasi, kulit akan kehilangan kesegaran dan kekenyalannya." Dehidrasi akan membuat kulit menjadi penuh kerut dan cekung di area mata. Patel merekomendasikan untuk minum minimal enam gelas setiap hari.

3. Tidur tengkurap



"Gravitasi akan menang ketika kita tidur tengkurap," ujar Patel. Efek gravitasi ini akan terasa langsung pada wajah dan mata yang bengkak akibat cairan yang ditarik kebawah oleh gravitasi. Seiring berjalannya waktu maka kolagen akan terus berkurang dan wajah menajdi kendor. Untuk menjaga kekencangan wajah maka Patel menyarankan untuk tidur telentang.

4. Menggunakan terlalu banyak produk perawatan wajah



"Produk yang mengandung retinol berguna untuk mencegah kerut, dan ketika digabungkan dengan produk yang mengandung benzoyl peroxide untuk mencegah jerawat, hal ini malah akan bikin kulit kering dan meningkatkan iritasi," ungkap Patel.

Ketika kulit kering dan iritasi maka kulit akan memerah dan mengalami inflamasi. Akibatnya akan timbul garis-garis halus pada kulit yang tampak semakin jelas. Jadi pilihlah produk yang Anda tahu pasti kegunaannya dan sesuai dengan jenis kulit.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved