4 Buah Penurun Kolesterol dan Asam Urat yang Perlu Dikonsumsi untuk Menyembuhkannya

Tanggal: 10 Jun 2024 13:04 wib.
Dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh. Kolesterol dan asam urat yang tinggi adalah masalah kesehatan serius yang dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan gangguan kardiovaskular lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa tingginya kadar asam urat dalam darah dapat mempengaruhi kadar kolesterol, begitu pula sebaliknya. Sebuah studi dalam International Journal of Cardiology (2018) menyatakan bahwa kadar asam urat yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan lemak darah lainnya. Oleh karena itu, pengendalian kadar kolesterol dan asam urat sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

Ada tanda-tanda yang dapat menjadi indikator seseorang mengalami kolesterol tinggi, seperti munculnya luka kekuningan pada sejumlah bagian tubuh yang disebut xanthoma. Tanda lainnya adalah impotensi pada pria, munculnya lingkaran putih di kornea mata, dan sakit kepala yang terjadi akibat penumpukan lemak di pembuluh darah.

Para ahli menyarankan agar penderita kolesterol tinggi mengatur pola makan dengan bijak. Selain itu, konsumsi buah-buahan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Berikut beberapa buah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat:

1. Alpukat

Alpukat merupakan sumber nutrisi dan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung. Selain mengandung asam oleat yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, alpukat juga mengandung vitamin E yang membantu mengurangi serangan asam urat.

2. Buah Beri
Buah beri, seperti stroberi dan blueberry, menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat. Dengan kandungan antioksidannya, buah beri dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan peradangan.

3. Buah Sitrus
Buah sitrus, seperti jeruk dan lemon, mengandung pektin yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah, serta vitamin C yang bersifat antioksidan untuk menurunkan kadar asam urat tinggi.

4. Pisang
Pisang kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi, pisang juga mengandung vitamin C yang dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat.

Konsumsi buah-buahan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi buah-buahan ini sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol dan asam urat tinggi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved