10 Hal yang Perlu Disiapkan Ketika Menjadi Backpacker

Tanggal: 31 Mar 2018 18:00 wib.
Untuk bisa melakukan petualangan seperti itu tidak harus menunggu sampai kaya dan banyak uang, ada sebuah cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menjadi seorang backpacker. Istilah backpacker sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan dengan budget minim, tidak sama dengan para wisatawan berkantong tebal yang terkadang membawa berkoper-koper barang bawaan, biasanya para wisatawan bacpacker justru hanya membawa satu tas ransel dan maksimal dua tas tangan.

Khususnya bagi Anda para pemula yang baru ingin memulai kunjungan wisata ke tempat-tempat terkenal di dunia atau di dalam negeri dengan cara backpacker. Ikutilah beberapa petunjuk berikut ini seperti yang dilansir di laman keluargaku.com supaya perjalanan Anda semakin lancar, aman dan menyenangkan.

 

1. Merencanakan destinasi tujuan

Tentukan terlebih dahulu tempat tujuan yang akan Anda kunjungi jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Idealnya adalah 1 tahun hingga 6 bulan sebelum hari H, dengan cara ini Anda memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan.

2. Apa yang ingin Anda lakukan di sana

Buatlah daftar hal-hal apa saja yang ingin Anda lakukan di tempat tersebut, apakah sekadar ingin mempelajari budayanya, sekadar jalan-jalan, mengikuti program pertukaran pelajar, berbelanja, dan sebagainya.

3. Mencari informasi tempat yang dituju

Lakukan survei yang mendalam mengenai tempat-tempat yang akan Anda tuju, seperti kebiasaan masyarakatnya, makanannya, kurs mata uangnya, budayanya, bahasanya, keadaan politiknya, keamanannya, dan sebagainya.

4. Persiapkan persyaratan administrasinya

Persiapkan paspor Anda dan perhatikan sistem administratif negara yang akan Anda tuju, apakah membutuhkan visa atau surat-surat izin lainnya atau tidak.

5. Cek kondisi alam

Selalu update kondisi atau keadaan alam serta cuaca di tempat yang akan menjadi tujuan wisata Anda. Bila Anda akan mengunjungi negara dengan 4 musim sedangkan Anda sendiri berasal dari negara dengan 2 musim, maka pakaian hangatlah yang wajib untuk dipersiapkan.

6. Persiapkan akomodasinya

Persiapkan jauh-jauh hari di mana Anda akan tinggal, bagaimana lokasinya, bagaimana dengan transportasinya, berapa jauh jaraknya dari pusat kota, layanan telekomunikasi, dan sebagainya.

7. Budget dan sumber pendanaan

Hitung secara cermat biaya yang akan Anda keluarkan selama mengunjungi tempat tersebut, selalulah membuat anggaran dan milikilah dana cadangan untuk mengantisipasi situasi-situasi yang tidak Anda prediksi sebelumnya.

8. Perhatikan barang bawaan Anda

Persiapkan pakaian yang akan Anda kenakan. Bawalah secukupnya saja. Bawalah peta tempat tujuan, colokan listrik, baterai cadangan, alat komunikasi, tripod, perlengkapan mandi, kamera, buku bacaan, alat tulis, peralatan ibadah, dan sebagainya. Jangan lupa, perhatikan selalu jumlah kapasitas muat yang diizinkan oleh maskapai penerbangan yang akan Anda gunakan.

9. Perhatikan kondisi fisik Anda

Pastikan kondisi tubuh Anda selalu dalam keadaan prima sebelum hari keberangkatan. Jagalah pola makan Anda, istirahatlah yang cukup dan berolahragalah. Terkadang setelah sampai di tempat tujuan tubuh Anda memerlukan waktu beberapa saat untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Oleh karena itu, bila tubuh Anda tidak dalam kondisi prima, maka hal itu dapat menyulitkan diri Anda sendiri nantinya.

10. Jangan lupa membawa perlengkapan P3K pribadi

Jangan mengabaikan pentingnya membawa perlengkapan P3K ini, bawalah beberapa obat penting yang cocok untuk Anda gunakan bila nanti Anda mengalami luka, sakit kepala, diare, mabuk, masuk angin, dan sebagainya.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved