Sumber foto: google

Tips Membeli Laptop Gaming Biar Gak Nyesel

Tanggal: 17 Jul 2024 11:01 wib.
Saat ini mungkin Anda sedang ingin membeli sebuah laptop gaming namun masih mencari referensi serta tips membeli laptop gaming agar tak sesal membelinya. Hal ini sangatlah wajar, mengingat ada bermacam faktor yang mempengaruhi calon pembeli sebelum benar-benar membelinya.

Alhasil, memilih laptop gaming yang tepat bisa menjadi momok yang menakutkan, terlebih dengan semakin banyaknya pilihan di pasaran saat ini. Bisa jadi, Anda malah salah membeli laptop yang kurang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki, sementara performanya hanya pas-pasan untuk memainkan game kekinian.

Walau masih sama-sama laptop gaming, namun spesifikasinya tak bisa kita samaratakan. Beberapa di antaranya menawarkan spesifikasi lebih dengan harga yang lebih murah, dan beberapa di antaranya menawarkan durabilitas yang tidak usah disangsikan dengan resiko harganya yang lebih mahal.

Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli laptop gamingi. Dalam konteks ini, penting untuk memperhitungkan perkembangan teknologi saat itu serta kebutuhan pengguna dalam bermain game. Berikut merupakan tips-tips yang dapat Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli laptop gaming.

1. Sesuaikan Harga dengan Anggaran
Sebelum membeli laptop gaming, pastikan bahwa harga sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Misalnya, jika anggaran yang Anda miliki berkisar di sekitar 10 juta Rupiah, sebaiknya Anda menyiapkan dana lebih sebagai cadangan untuk mempertimbangkan pilihan yang lebih menarik.

Sehingga, ketika menemukan laptop yang menarik minat, Anda tidak akan terlalu terkejut karena sudah mempersiapkan alokasi dana tambahan untuk berjaga-jaga. Ini akan membantu Anda agar tidak menyesal jika memang menemukan pilihan yang lebih baik namun sedikit di luar anggaran yang telah disiapkan.

2. Perhatikan Spesifikasi yang Dibutuhkan
Selanjutnya, pastikan spesifikasi laptop telah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin memainkan game berat seperti Genshin Impact dengan lancar, maka Anda harus mempertimbangkan laptop dengan prosesor terbaru dan VGA minimal RTX 2050.

Namun, jika Anda merencanakan untuk bermain game sambil melakukan live streaming, Anda perlu mempertimbangkan ketersediaan prosesor dan VGA yang mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa kendala.

3. Perhatikan Kapasitas Memori dan Penyimpanan
Selain memastikan spesifikasi prosesor dan VGA pada laptop sesuai dengan kebutuhan Anda, pastikan juga besaran memori yang ada pada laptop telah memenuhi standar, minimal 16GB. Sementara untuk penyimpanan, pastikan laptop memiliki penyimpanan minimal 512GB karena game-game saat itu dapat memiliki ukuran ratusan gigabyte.

4. Pilih Jenis Panel dan Refresh Rate yang Cocok
Panel dan refresh rate juga perlu diperhatikan oleh gamer. Banyak gamer yang lebih memilih panel IPS dan OLED karena tampilan warnanya yang tajam. Namun, refresh rate tergantung pada preferensi masing-masing gamer, terutama bagi gamer kompetitif yang selalu mobile dan memerlukan refresh rate tinggi.

5. Evaluasi Sistem Pendinginan
Sebelum memutuskan untuk membeli laptop gaming, pastikan untuk mengevaluasi sistem pendinginan yang ditawarkan. Pastikan sirkulasi udara pada laptop yang Anda incar dapat mengalir dengan baik, sehingga sistem pendinginan dapat berjalan secara optimal. Sebuah laptop yang berkualitas akan menyediakan setidaknya dua exhaust yang terletak pada bagian samping atau belakang laptop.

6. Pertimbangkan Kapasitas Baterai dan Portabilitas
Kapasitas baterai pada laptop gaming juga perlu dijaga, pastikan laptop dapat bertahan minimal 4-6 jam untuk penggunaan ringan. Selain itu, perhatikan juga portabilitas laptop gaming yang Anda incar, terutama dalam hal berat keseluruhan laptop. Ini akan memudahkan mobilitas Anda saat bepergian dengan laptop tersebut.

7. Baca Ulasan atau Review
Sebelum memutuskan untuk membeli laptop gaming, disarankan untuk membaca ulasan atau review agar tidak menyesal di kemudian hari. Meskipun tidak ada jaminan bahwa ulasan atau review selalu akurat, namun hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai laptop yang akan Anda beli. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk mengetahui pengalaman pengguna lain sehingga dapat meminimalkan risiko untuk salah pilih.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved