Sumber foto: cnnindonesia.com

Timnas Indonesia Melejit! Mendominasi Pasar Pemain Sepakbola di ASEAN

Tanggal: 8 Sep 2024 15:34 wib.
Tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia kini mengalami lonjakan penting dalam hal nilai pasar pemainnya. Melalui analisis dari Transfermarkt, ditemukan bahwa nilai pasar timnas Indonesia mencapai Rp423,68 miliar. Dengan tambahan dari Mees Hilgers senilai Rp121,67 miliar dan Eliano Reijnders dengan nilai Rp11,30 miliar, angka ini mengantarkan timnas Indonesia menjadi yang paling tinggi diantara negara-negara Asia Tenggara. Dari perbandingan ini, nilai pasar pemain timnas Indonesia menunjukkan bahwa ia empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara sekitarnya seperti Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Sementara itu, timnas Vietnam memiliki nilai pasar kedua tertinggi dengan Rp118,63 miliar. Kemudian disusul oleh Thailand dengan Rp111,68 miliar, dan Malaysia di urutan keempat dengan nilai pasar Rp110,81 miliar.

Pemain Berkelas Membawa Keunggulan

Perkembangan pesat ini diiringi oleh kehadiran pemain-pemain baru kelas dunia di skuad timnas Indonesia. Mees Hilgers, sebagai contohnya, menjadi pemain termahal dengan nilai pasar mencapai Rp121,67 miliar. Berusia 23 tahun, Hilgers dikenal sebagai pemain berpotensi dari FC Twente di Liga Belanda, memberikan kontribusi vital bagi pengembangan timnas Indonesia.

Selain Hilgers, ada juga nama-nama seperti Thom Haye dengan nilai pasar Rp52,14 miliar, Calvin Verdonk dari NEC Nijmegen, dan Jay Idzes yang memiliki nilai pasar yang serupa, yakni Rp43,45 miliar. Keberadaan para pemain berpengalaman ini memberikan kekuatan tambahan bagi timnas Indonesia di kancah internasional.

Mimpi Piala Dunia 2022 Gol dan Poin Bersejarah di Arabia Saudi

Kemampuan dan potensi timnas Indonesia semakin terlihat melalui kinerja gemilangnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada pertandingan pembuka, Indonesia berhasil mencuri satu poin saat melawan tim Arab Saudi dengan skor akhir 1-1. Pertandingan yang digelar di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, pada tanggal 6 September 2024 tersebut menandai pencapaian luar biasa bagi timnas Indonesia.

Walaupun hasil pertandingan berakhir imbang, lima rekor baru berhasil dicatatkan oleh timnas Indonesia. Sejarah baru ini mencakup pencapaian pertama timnas Indonesia dalam mencuri poin di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia dan sekaligus menjadi pencetak gol pertama di laga tersebut.

Prestasi Gemilang dan Peringkat FIFA

Pencapaian kebanggaan timnas Indonesia dalam melawan tim Arab Saudi menjadi sorotan utama. Indonesia berhasil meraih satu poin, mencatatkan sejarah baru sebagai tim nasional Indonesia pertama yang dapat mencuri poin di kandang Arab Saudi, sukses yang tidak dapat dicapai oleh Thailand dan Vietnam sebelumnya.

Melalui hasil imbang tersebut, timnas Indonesia berpeluang naik dua peringkat FIFA ke-131 setelah mendapatkan 6,88 poin dari hasil imbang melawan Arab Saudi. Diharapkan bahwa peringkat ini bisa memacu peningkatan peringkat FIFA untuk timnas Indonesia, yang saat ini berada di peringkat 133 dengan total poin 1.108,73. Jika tercapai, ini akan menjadi yang pertama sejak 24 Agustus 2011.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved