Sumber foto: google

Spesifikasi PS5 Pro Diungkap oleh Sony PlayStation

Tanggal: 12 Sep 2024 13:32 wib.
Pada 10 September 2024, Sony PlayStation akhirnya mengumumkan konsol PlayStation 5 terbaru, yaitu PlayStation 5 Pro. Konsol ini diharapkan hadir dengan sejumlah peningkatan dalam hal kualitas bermain, performa, dan hardware.

Livestream presentasi dengan Mark Cerny selaku PS5 Lead Architect dari Sony membocorkan informasi menarik mengenai spesifikasi PS5 Pro. Meskipun begitu, masih muncul pertanyaan mengenai perbedaan antara versi Pro dan versi biasa.

Berikut adalah rangkuman informasi yang diumumkan oleh Sony PlayStation terkait spesifikasi PlayStation 5 Pro.

GPU
PS5 Pro akan menggunakan arsitektur AMD RDNA 2 yang sama dengan PS5 biasa. Namun, perbedaannya terletak pada spek hardware-nya. Konsol PS5 biasa memiliki 36 Compute Unit yang mampu menjalankan 2304 Streaming Multiprocessor (SMs). Dalam hal ini, GPU PS5 biasa setara dengan AMD Radeon RX 6700.

PS5 Pro diklaim akan memiliki kualitas GPU yang lebih baik sebesar 67% dari versi sebelumnya. Dengan arsitektur AMD RDNA 2 pada versi Pro, kini terdapat 60 Compute Unit dengan 64 Streaming Multiprocessor yang mampu menghasilkan 3840 SMs. Contoh lainnya, GPU yang dimiliki pada PS5 Pro setara dengan AMD Radeon RX 6800 yang mampu memainkan game dengan kualitas 4K.

CPU
Tidak banyak informasi mengenai spek CPU pada PS5 Pro. Namun, banyak dugaan bahwa CPU yang digunakan pada versi Pro akan sama dengan versi biasa, yaitu 8-core Zen 2 Processor.

RAM
PS5 Pro akan memiliki RAM 16GB GDDR6. Meski memori tersebut masih memiliki kapasitas yang sama dengan PS5 biasa, Sony mengklaim adanya peningkatan pada versi Pro. Performanya akan 28% lebih cepat, sekitar 560GB/s Memory Bandwidth, sementara PS5 biasa hanya memiliki 440GB/s Memory Bandwidth.

Storage
Informasi mengenai penyimpanan yang akan digunakan oleh PS5 Pro tidak dijelaskan secara detail oleh Sony. Namun diprediksi bahwa hardware penyimpanan pada versi Pro masih akan menggunakan SSD kelas High-end yang sama dengan yang digunakan PS5 biasa.

Upscaling
Tren teknologi AI, terutama dalam fungsi Upscaling di lingkup video game, mendorong Sony untuk menghadirkan fitur AI-Upscale pada konsol PS5 Pro. Fitur bernama PlayStation Spacial Super Resolution (PSSR) akan menggunakan algoritma AI yang mampu melakukan kalkulasi secara akurat terhadap kualitas gambar tanpa kehilangan kualitas pada Fidelity.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved