Penyebab Free Fire Lag dan Cara Mengatasinya

Tanggal: 13 Mei 2020 11:02 wib.
Salah satu game battle royale yang paling populer di tanah air adalah free fire. Sehingga tidak mengherankan bila banyak orang yang memainkan permainan ini di sela-sela kesibukannya. Namun sayangnya terkadang ketika sedang asyik bermain ada saja yang membuatnya terganggu dan hal tersebut yaitu lag ketika bermain free fire.  Kejadian seperti ini bisa saja terjadi ketika sedang asyik bermain free fire dan pastinya menjadi sesuatu hal yang tidak menyenangkan juga menjengkelkan. Apalagi bila karena kejadian ini malah bikin kamu mati dalam permainan tersebut. Ngeselin banget kan ya? 

Kejadian seperti itu bisa saja terjadi ketika sedang asyik-asyiknya bermain free fire. Lalu faktor apa saja yang membuat free fire lag katika sedang dimainkan? Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan free fire lag, yaitu :


Spesifikasi smartphone


Free fire dapat dimainkan pada smartphone manapun, tetapi meskipun begitu ada beberapa syarat agar kamu dapat bermain free fire di smartphone tersebut. Oleh karena itu sebaiknya mengecek terlebih dahulu apakah smartphone milikmu masuk ke dalam syarat spesifikasi dari permainan free fire tersebut. Hal ini agar dapat mencegah nge-lag saat bermain free fire.


Bermain free fire terus menerus


Free fire ngelag bisa saja terjadi akibat terus menerus memainkan game battle royale tanpa jeda sehingga menimbulkan nge-lag. Selain itu juga dengan bermain tanpa jeda waktu akan membuat suhu smartphone menjadi panas sehingga kinerja handphone menjadi berat. 


Koneksi jaringan tidak stabil


Permainan free fire merupakan sebuah game battle royale yang dimainkan secara online, yaitu membutuhkan adanya koneksi internet. Nah, bila koneksi internet kamu tidak stabil sudah pasti akan membuat permainan kamu nge-lag karena hal tersebut. So, pastikan dulu koneksi jaringan kamu dalam keadaan stabil ketika sedang bermain free fire.

Sebenarnya permainan free fire adalah salah satu game android yang mempunyai ukuran cukup ringan yaitu hanya sekitar 512 MB. Akan tetapi masih banyak gamers yang belum mengetahui cara mengatasi free fire yang nge-lag. Berikut ini seperti yang dibahas pada teknoinaja.com yaitu cara mengatasi free fire lag :



Cek koneksi jaringan



Meskipun smartphone yang kamu miliki mempunyai spesifikasi yang tinggi yaitu dengan ram 4 gb namun koneksi internet bisa saja akan mengalami lag. Pastikan terlebih dahulu untuk mengecek koneksi internet apakah berjalan lancar atau tidak.



Menghapus cache free fire



Hapuslah cache game free fire sehingga penyimpanan interneal pada hp akan dapat mensupport kembali game free fire. Caranya yaitu, masuk ke pengaturan hp kemudian pilih aplikasi dan langkah selanjutnya pilih aplikasi free fire dan kemudian klik hapus cache.



Hapuslah aplikasi yang berat



Dengan menghapus semua aplikasi yang berat maka akan membuat ruang penyimpanan menjadi lega kembali. Dan sebalum memulai permainan maka sebaiknya tutuplah semua aplikasi yang berjalan.



Ubahlah grafik di dalam Free Fire



Meskipun permainan free fire adalah permainan yang ringan tetapi lihatlah kemampuan dari hpnya. Bila ho kamu mempunyai ram 1 gb maka lebih baik menggunaan grafik smooth. Ini dilakukan agar dapat mengurangi pemmrosesan grafik pada hp  kamu sehingga tidak terjadi lag.



Gunakan aplikasi GFX tool free fire



Cara mengatasi free fire lag yang lainnya dapat dengan cara menggunakan aplikasi bantuan seperti gfx tool. Aplikasi ini sangat membantu untuk mengatasi free fire yang nge-lag. Kamu cukup mendownloadnya pada google playstore.



Mendownload aplikasi game booster



Game booster memiliki fungsi agar dapat memaksimalkan kinerja hp. Dengan game booster ini akan membatasi penggunaan aplikasi lainnya sehingga dapat terhindar dari keadaan lag. Aplikasi gama booster banyak digunakan oleh para pemain free fire yang menggunakan hp berspesifikasi rendah.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan free fire lag serta cara mengatasinya. Semoga dengan menerapkan tips tersebut di atas dapat membantu kamu agar tidak mengalami nge-lag dan tidak mengalami kekalahan akibat permainan patah-patah.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved