Upaya Pemerintah Meningkatkan Produksi dan Kualitas Garam Nasional

Tanggal: 1 Sep 2017 22:13 wib.
Tampang.com -  Garam nasional saat ini sedang dilanda kelangkaan akibat stok bahan baku yang sulit didapatkan. Akibat kelangkaan ini produksi garam pun menurun sehingga harganya melonjak tajam.

Saat ini pemerintah sedang menyiapkan strategi agar produksi dan kualitas garam nasional dapat meningkat. Salah satu upayanya yaitu dengan melakukan perbaikan dari sisi petani garam.

Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman mengatakan jika Presiden berpesan untuk, "meningkatkan produksi dan kualitas garam para petani garam ini harus naik peringkatnya."

Luhut menyampaikan jika nantinya pemerintah akan turut membantu menyiapkan prasarana untuk pengolahan garam tersebut. Diharapkan dengan melakukan upaya ini kualitas garam yang dihasilkan dapat membaik.

Menurut Luhut bantuan yang dilakukan oleh pemerintah ini telah diatur oleh Undang Undang, "Pemerintah seperti diatur oleh undang-undang punya kewajiban untuk menyiapkan, membantu infrastruktur untuk garam. Pemerintah akan menyiapkan air tua secara gratis dengan kualitas baik dengan kadar NaCl di atas 97 persen. Dengan begitu biaya produksi bisa ditekan dan hasilnya bisa maksimal."

Air tua merupakan sari laut yang akan diolah menjadi kristal atau butiran garam. Saat melakukan kunjungan ke tempat produksi garam di PT Garam desa Kalianget, Sumenep, Luhut meminta agar dibentuk sebuah koperasi yang dapat menaungi para petani garam. Langkah ini dianggap dapat menurunkan biaya produksi.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved