Tips Jawab Pertanyaan Wawancara Kerja yang Nyeleneh

Tanggal: 12 Mar 2018 12:39 wib.
Tampang.com - Ada banyak sekali artikel yang membahas mengenai strategi pencarian kerja dan teknik wawancara untuk mengesankan para perekrut. Ada beberapa pertanyaan wawancara kerja yang tidak sesuai bahkan ilegal dan mungkin pertanyaan itu juga bisa saja terjadi pada Anda. Untu menghindari menjawab pertanyaan semacam ini yang bertujuan untuk melindungi privasi Anda, ada beberapa jawaban cerdas seperti berikut ini :

1. Berapa usia Anda?

Ini memang pertanyaan yang biasa diajukan, namun jika usia Anda mempengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan, maka informasi ini sama sekali tidak ada hubungannya dalam wawancara.

Anda bisa menjawabnya dengan lelucon seperti "Cukup tua untuk bisa menyetir! dan menertawakannya. Mudah-mudahan pewawancara melanjutkan pertanyaannya.

2. Apakah Anda lajang?

Dalam situasi ini, Anda mempunyai hak untuk mengatakan, "Saya lebih memilih untuk tidak mendiskusikan kehidupan pribadi saya, tapi saya lebih dari senang untuk membicarakan pengalaman dan keterampialn saya."

            

3. Apakah suku Anda?

Agar tetap netral maka jawablah dengan menyebutkan kewarganegaraan Anda dan beritahu pewawancara jika Anda memiliki kuasa hukum untuk bekerja di negara ini. Jika pewawancara tetap bertahan maka Anda mungkin harus memberitahunya dan mengatakan jika Anda tidak melihat bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan.

4. Apakah Anda religius?

Jawablah dengan mengatakan, “Hei, bukankah kita harus menjauh dari topik sensitif seperti agama dan politik selama pertemuan bisnis?” Ini sama dengan membunuh dua burung dengan satu batu (mendapatkan dua hal sekaligus)" ini mengalihkan pertanyaan dan memastikan pewawancara selanjutnya tidak bertanya tentang politik!

5. Apakah Anda punya anak?

Cara verdas untuk menjawab pertanyaan ini yaitu dengan mengembalikannya kepada perekrut dan menanyakan apakah perusahaan memiliki masalah dengan karyawan yang memiliki keluarga?

Namun harus diingat, jangan bersikap sinis, pertahankan nada bicara Anda agar tetap ramah dan mudah diwawancara. Hal ini akan emmbuat pesan Anda tersampaikan dengan jelas.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved