Sumber foto: Google

Sri Mulyani Temui Prabowo, Alokasi Anggaran Kementerian dan Lembaga Naik

Tanggal: 14 Sep 2024 08:51 wib.
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan adanya perubahan postur anggaran belanja dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. Perubahan porsi anggaran belanja tersebut diputuskan setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono bertemu dengan presiden terpilih Prabowo Subianto pada Senin (9/9/2024).

Pertemuan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan Prabowo Subianto membahas alokasi anggaran untuk kementerian dan lembaga di masa depan. Kementerian Pertahanan merupakan salah satu kementerian yang mendapatkan perhatian khusus dalam perubahan postur anggaran belanja tersebut. Kedua menteri tersebut bertemu untuk membahas pengalokasian anggaran yang sesuai dengan kebutuhan dan prioritas nasional.

Dalam pertemuan tersebut, Sri Mulyani dan Prabowo sepakat untuk meningkatkan alokasi anggaran bagi Kementerian Pertahanan guna mendukung modernisasi alutsista (alat utama sistem persenjataan) TNI (Tentara Nasional Indonesia). Modernisasi alutsista menjadi salah satu fokus utama pembangunan TNI untuk meningkatkan daya deterrence serta menjaga kedaulatan dan keamanan negara. Pembahasan mengenai pengalokasian dana ini menjadi perhatian utama dalam pertemuan antara kedua menteri tersebut.

Selain itu, Kemenkeu juga melaporkan bahwa terdapat perubahan porsi anggaran belanja untuk sejumlah kementerian dan lembaga lainnya. Perubahan ini dilakukan untuk mendukung program-program prioritas pemerintah yang bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan memperkuat ketahanan nasional. Sri Mulyani menegaskan bahwa perubahan postur anggaran belanja ini dilakukan dengan teliti dan berdasarkan pertimbangan yang matang untuk mengoptimalkan penggunaan anggaran sesuai dengan kebutuhan riil.

Peningkatan alokasi anggaran untuk sejumlah kementerian dan lembaga ini juga dibarengi dengan upaya pemerintah dalam memperkuat efisiensi penggunaan dana publik. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk menjaga fiskal sustainability dan memastikan setiap rupiah anggaran negara dapat memberikan dampak positif yang optimal bagi masyarakat.

Menyongsong Rancangan APBN 2025, pertemuan antara Sri Mulyani, Thomas Djiwandono, dan Prabowo menjadi momentum penting dalam menentukan arah dan alokasi anggaran negara ke depan. Fokus pada peningkatan anggaran untuk sektor pertahanan dan modernisasi alutsista menjadi langkah strategis pemerintah dalam memastikan keamanan dan kedaulatan negara tetap terjaga.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved