Sri Mulyani : Inflasi Capai 0,21 Persen Pada Mei 2018

Tanggal: 5 Jun 2018 11:16 wib.
Tampang.com – Pada Mei 2018, inflasi telah mencapai 0,21 persen. Data tersebut diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS). Selain itu, inflasi tahun kalender telah mencapai 1,3 persen. Namun , jika dilihat dari data inflasi dari tahun ke tahun telah mencapai 3,23 persen.

Kondisi inflasi pada tahun ini ditanggapi positif oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

“Inflasi 0,21 persen kita gembira menjelang Ramadan dekat Lebaran, kalua tahun lalu jelang Ramadan bisa sampai 0,5 persen,” jelasnya.

Disamping itu, Sri mulyani juga berharap inflasi dapat tetap terjaga agar dapat terus sesuai dengan asumsi pemerintah dalam APBN.

“Kita terus jaga prestasi atau kondisi ini sehingga akan sesuai dengan asumsi dalam APBN di 3,5 plus minus 1 persen,” tambahnya.

Pemerintah memiliki peran yang sangat penting. Pemerintah akan tetap terus berupaya menjaga agar daya beli masyarakat tetap terjaga dan kondisi ekonomi RI akan tetap stabil ditengah ketidakpastian ekonomi global.

“Stabilitas penting saat ekonomi dunia semakin menghadapi ketidakpastian,” jelasnya.

Sebelumnya , BPS melaporkan bahwa tingkat inflasi pada Mei 2018 telah mencapai 0,21 persen. Angka tersebut dinilai lebih tinggi jika dibandingkan April 2018 yang mencapai 0,1 persen.

Perubahan inflasi pada tahun ini jelas memberikan dampak yang baik untuk perekonomian RI.

“Perkembangan harga komoditas pada Mei menunjukkan adanya peningkatan,” jelas Kepala BPS, Suhariyanto.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved