Sumber foto: google

Sinergi Pemerintah & Swasta, Kunci Menuju Akses Air Minum Berkualitas

Tanggal: 25 Mei 2024 10:51 wib.
Di tengah kekhawatiran krisis air global, kolaborasi antara pemerintah dan swasta menjadi kunci untuk memastikan akses air minum layak dan berkualitas bagi seluruh masyarakat. Sebab menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan merupakan salah satu aspek kunci dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam gelaran World Water Forum ke-10 di Bali pada 18-25 Mei 2024, Danone Indonesia menunjukkan komitmennya dalam mendukung upaya pemerintah mencapai target 100% akses air minum layak di Indonesia pada 2020-2024 dan 15% air minum aman dalam Rencana Jangka Panjang Menengah Nasional (RPJMN).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, akses terhadap air minum yang layak telah mencapai 91%, dengan akses air minum aman sebesar 11,8%. Pemerintah Indonesia bertekad untuk memastikan bahwa air minum yang aman dapat diakses oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Endra S. Atmawidjaja, Staf Ahli V Kementerian PUPR, mengatakan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan seluruh pihak, terutama swasta, menjadi sangat penting untuk menanggulangi permasalahan air dan mempercepat capaian target terkait ketersediaan air minum layak dan aman. Dalam jumpa pers bersama Danone Indonesia di sela-sela World Water Forum ke-10, Endra menegaskan bahwa partisipasi swasta untuk membantu menanggulangi permasalahan krisis air dapat terus ditingkatkan, sehingga pemerintah dapat memperluas akses air minum yang layak sekaligus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Pihak Kementerian PUPR sangat mengapresiasi dan mendukung komitmen Danone Indonesia dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan akses air minum layak dan berkualitas, termasuk dalam mewujudkan target dalam SDGs. Selama World Water Forum 2024 berlangsung, Danone Indonesia terlibat aktif sebagai pembicara dalam sejumlah sesi High Level Panel, hingga sesi diskusi tematik di sejumlah paviliun negara peserta terkait solusi penanggulangan permasalahan air.

Selain itu, Danone juga membuka sarana edukasi mengenai pentingnya pengelolaan sumber daya air di salah satu area pameran World Water Forum 2024. Tak hanya itu, Danone juga memenuhi kebutuhan hidrasi para peserta, delegasi serta perwakilan negara selama acara berlangsung.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia, menyatakan bahwa keterlibatan perusahaan dalam acara World Water Forum ke-10 di Indonesia menegaskan tekad perusahaan dalam membantu pemerintah untuk mengatasi permasalahan air. Selain itu, Danone Indonesia telah mengimplementasikan Kebijakan Air Danone yang berfokus pada tiga pilar utama, yaitu melindungi sumber daya air dan lingkungan, mendorong sirkularitas air dalam sistem produksi, serta menyediakan akses air bersih dan sanitasi melalui program WASH (Akses Air, Sanitasi dan Hidrasi).

WASH merupakan program kolaborasi multi-sektor yang bertujuan untuk meningkatkan akses air bersih di berbagai wilayah yang memiliki keterbatasan akses air bersih. Hingga saat ini, program WASH telah menyediakan akses kepada air bersih bagi lebih dari 500.000 orang. Danone Indonesia berkolaborasi dengan Water.org untuk menerapkan program Water Credit di berbagai wilayah di Indonesia. Sejak diluncurkan pada 2016 lalu, program yang telah berjalan di dua kabupaten di Jawa Tengah dan 32 kabupaten di Jawa Timur ini telah memberikan manfaat bagi lebih dari 175.000 individu.

Lebih lanjut, Danone Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan Dampak Positif Air (Positive Water Impact) dengan mengembalikan lebih banyak air ke masyarakat dan alam dibandingkan air yang digunakan untuk proses produksi perusahaan. Selain itu, perusahaan juga terlibat dalam berbagai kemitraan strategis dan inklusif dengan pemerintah, LSM, komunitas, dan institusi akademik dalam melakukan aksi kolektif untuk menerapkan pengelolaan sumber daya air terpadu. Danone Indonesia juga telah mengadopsi strategi green financing untuk memperkuat penerapan tata kelola yang baik dan memperkenalkan Pembayaran Jasa Lingkungan (PES) sebagai skema untuk memberikan kompensasi finansial untuk konservasi dan pengelolaan sumber daya alam yang baik.

Terlebih lagi, Danone Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan Sekolah.mu untuk meluncurkan modul edukasi pelestarian air 'Pahlawan Cilik Bijak' Air yang dirancang untuk sekolah dasar. Modul ini diharapkan membantu membangun kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah, agar mampu menjadi agen perubahan dalam krisis air saat ini.

Dari semua langkah, upaya, dan strategi yang telah dilakukan, Vera menegaskan bahwa Danone Indonesia siap untuk dapat terus berperan aktif dalam mendukung pemerintah menyelesaikan permasalahan ketersediaan air sekaligus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan kolaborasi multisektor serta kesadaran untuk mengelola air dan lingkungan secara berkelanjutan, perusahaan sangat yakin bahwa permasalahan krisis air dapat diatasi dengan baik.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved