Inilah Penyebab Cadangan Devisa RI Turun

Tanggal: 8 Jul 2018 12:50 wib.
Tampang.com – Setiap bulan, Bank Indonesia akan melakukan pembaharuan informasi yang salah satunya informasi tentang cadangan devisa Indonesia. Cadangan devisa Indonesia pada bulan Mei 2018 adalah sebesar USD 122,9 miliar. Namun , jumlah cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2018 menurun sejumlah USD 3 miliar menjadi USD 119,8 miliar.

Adapun faktor penyebab menurunnya jumlah cadangan devisa adalah karena perdagangan yang mengalami defisit dan juga adanya upaya bank sentral untuk menstabilkan rupiah.

Terdapat dua faktor penyebab cadangan devisa kita menurun. Hal itu diungkapkan oleh seorang ekonom dari Universitas Indonesia.

“Ini kan karena dua hal ya. Pertama , defisit neraca perdagangan kita pada akhirnya terjadi secara persisten dan kedua adanya intervensi BI terhadap pasar uang dengan melemahnya rupiah. Jadi , itu faktor pendorong menipisnya cadev kita,” jelasnya.

Salah satu upaya Bank Indonesia adalah melakukan pengucuran rupiah ke pasar uang. Hal itu dilakukan dalam upaya menghadapi depresiasi rupiah terhadap Dolar AS.

“ Ya kalau kita bicara soal intervensi BI maka itu adalah pertahanan kita kepada rupiah supaya rupiah tidak semakin terdepresiasi,” ungkapnya.

Cadangan devisa semakin tergerus juga karena jumlah impor yang cukup banyak sedangkan ekspor cenderung melambat. Hal itu mengakibatkan defisit neraca perdagangan.

Penurunan cadangan devisa juga dipengaruhi pula oleh upaya pemerintah untuk membayar utang luar negeri pemerintah dan juga upaya stabilisasi nilai tukar rupiah saat ini.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved