Sumber foto: google

FWD Group dan AWS Perpanjang Kolaborasi Teknologi Cloud

Tanggal: 23 Jun 2024 09:05 wib.
FWD Group Holdings Limited telah mengumumkan perjanjian lima tahun untuk layanan teknologi dengan Amazon Web Services (AWS) dalam rangka strategi cloud-first FWD. Pimpinan Teknologi dan Operasi Grup FWD, Sandeep Pandey, menyatakan bahwa AWS akan terus mendukung FWD dalam menjalankan aplikasi bisnis inti, termasuk dalam bidang keuangan, antarmuka pelanggan, dan agen asuransi. Kolaborasi yang diperpanjang dengan AWS ini diharapkan memberikan FWD kelincahan, skalabilitas, dan ketahanan yang lebih besar saat FWD secara progresif beralih dari operasi pusat data miliknya.

Pandey menekankan bahwa cloud computing bukan hanya sekadar strategi bisnis teknologi semata, namun juga sebuah strategi holistik bagi FWD. Dia menilai bahwa pendekatan digital-first telah membawa infrastruktur operasional dan kapabilitas yang tidak hanya aman dan berbasis cloud, tetapi juga sepenuhnya terintegrasi di seluruh fungsi bisnis dan dengan mitra seperti AWS.

Melalui dasar infrastruktur cloud ini, FWD kini dapat lebih jauh meningkatkan penerapan kecerdasan buatan (AI) generatif mereka secara efisien, efektif, dan bertanggung jawab, sejalan dengan visi mereka untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. Hal ini disampaikan Pandey melalui keterangan resmi pada Jumat, 21 Juni.

Teknologi cloud telah memberikan dampak positif pada pengembangan dan penerapan perangkat lunak FWD, yang mempercepat waktu mencapai pasar asuransi dan meningkatkan pengalaman nasabah. Diperkirakan bahwa pada akhir tahun 2023, 97 persen aplikasi FWD Group akan dimigrasikan ke cloud, sementara 93 persen aplikasi yang ditargetkan untuk pensiun juga telah dihentikan.

Francessca Vasquez, Wakil Presiden Layanan Profesional dan Pusat Inovasi Kecerdasan Buatan Generatif AWS, menyatakan bahwa AWS telah memberikan dukungan kepada perusahaan di industri keuangan dan asuransi di seluruh dunia untuk melayani konsumen dengan lebih baik melalui teknologi cloud dan AI selama lebih dari satu dekade. 

Vasquez mengakui ambisi FWD Group dalam memanfaatkan keunggulan teknologi cloud dan AI generatif sebagai komitmen terhadap transformasi digital dan kepuasan pelanggan. Dalam keterangan resmi, ia menyatakan kegembiraannya atas kesempatan untuk terus mendukung FWD Group dengan keandalan dan kapabilitas AWS yang terbukti, yang membantu FWD mempercepat inovasi, menghemat biaya, meningkatkan efisiensi, dan memperluas bisnis mereka.

Salah satu contoh kolaborasi dengan AWS adalah aplikasi Omne by FWD, yang merupakan sebuah aplikasi asuransi dengan proses layanan mandiri dan klaim digital yang berfokus pada pelanggan. Aplikasi ini telah meraih penilaian net promoter score yang kuat sejak diperkenalkan pada tahun 2022.

Selain itu, FWD juga didukung oleh AWS dalam pengembangan pusat keuangan terpusat berbasis cloud untuk mengumpulkan, memvalidasi, dan memproses data keuangan, investasi, serta aktuaria. Dalam rentang waktu dari 2021 hingga 2023, FWD mengalami pertumbuhan signifikan dalam sertifikat yang diberikan oleh penyedia cloud, termasuk AWS Skills Guild, sebuah program yang membangun kefasihan cloud di seluruh organisasi, yang melatih lebih dari 600 karyawan dan kontraktor FWD.

Platform cloud digital FWD Group mencakup analitik, manajemen basis data, dan kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan pengembangan. Strategi cloud-first ini merupakan pondasi bagi penerapan AI generatif FWD Group yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan operasi perusahaan di berbagai bidang seperti akuisisi, pemasaran, kinerja saluran dan agen, underwriting, klaim, dan layanan pelanggan.

FWD Group telah memulai perjalanan kecerdasan buatan sejak tahun 2019 dan kini memiliki hampir 200 model AI aktif yang diterapkan di seluruh bisnisnya, dengan lebih dari 600 skenario penggunaan.

Dengan perpanjangan kolaborasi ini, FWD Group diharapkan semakin kuat dalam menghadapi persaingan industri asuransi dengan memanfaatkan teknologi cloud dan kecerdasan buatan secara optimal. Selain itu, kolaborasi ini juga mencerminkan komitmen FWD Group untuk terus melakukan transformasi digital demi memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan di era yang semakin digital. Dukungan dari AWS diharapkan dapat membantu FWD Group mencapai keunggulan di pasar asuransi yang semakin kompetitif. Tidak hanya itu, kerjasama ini juga menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi antara perusahaan asuransi dan penyedia teknologi dapat memberikan manfaat yang besar bagi pelanggan dan industri secara keseluruhan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved