Ekonomi Syariah : Indonesia Miliki Potensi Besar

Tanggal: 15 Jul 2018 18:55 wib.
Tampang.com – Apa itu ekonomi syariah? Ekonomi syariah didefiniskan sebagai suatu konsep ekonomi yang dijalankan berdasarkan nilai – nilai Islami. Konsep ekonomi ini dianut oleh kaum Muslim. Jika dilihat dari jumlah muslim, Indonesia dinilai sebagai negara yang memiliki jumlah masyarakat Muslim yang besar. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi suatu potensi yang harus dioptimalkan dalam hal pengembangan ekonomi syariah.

Saat ini, sayangnya ekonomi syariah masih belum disambut baik oleh masyarakat. Lebih banyak masyarakat masih menggunakan system keuangan secara konvensional.

“Ekonomi syariah seharusnya bisa menjadi lokomotif perekonomian, apalagi saat ini untuk bisnis perbankan sudah sangat menjanjikan,” ejlas Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (IKADI).

Dalam proses perkembangan ini, sudah banyak bisnis perbankan yang melihat system ekonomi syariah.

“Banyak bank konvensional yang membuka pintu untuk system syariah, karena tidak akan rugi,” jelasnya kembali.

Disamping itu, seorang ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Nailul Huda menjelaskan bahwasannya Indonesia memiliki potensi yang sengat besar untuk perkembangan ekonomi syariah karena Muslim di Indonesia jumlahnya snagat besar.

Dalam perkembangannya, ia menyarankan untuk melakukukan pengembangan perbankan syariah terlebih dahulu yang selanjutnya disusul oleh pergerakkan perdagangan.

Melihat potensi yang besar tersebut, pemerintah berkomitmen untuk sungguh – sungguh mengembangkan perekonomian syariah di Indonesia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved