Sumber foto: istock

Wajib Borong! Ini Dia 4 Saham Mercy dengan Harga Bajaj

Tanggal: 21 Apr 2024 20:27 wib.
Beberapa perusahaan dengan kapitalisasi besar saat ini menawarkan valuasi yang menarik. Tentunya, membeli saham-saham ini dapat diibaratkan seperti membeli mercy dengan harga bajaj. Meskipun harganya sudah mulai menarik, perusahaan-perusahaan ini tetap memiliki kinerja fundamental yang baik, sehingga sekarang mungkin waktu yang tepat untuk mulai membuka posisi investasi.

1. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM)

Sebagai raksasa dalam industri telekomunikasi di Indonesia, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) saat ini diperdagangkan dengan valuasi yang menarik. Harga saham TLKM telah mengalami koreksi yang cukup dalam, dengan penurunan lebih dari 7% dalam tiga hari perdagangan setelah libur panjang lebaran. Bahkan sejak awal tahun, penurunan saham TLKM telah mencapai hampir 20%.

2. PT Astra International Tbk (ASII)

PT Astra International Tbk (ASII), yang merupakan perusahaan holding, juga menunjukkan valuasi menarik akibat koreksi harga saham yang signifikan. Sejak awal tahun, harga saham ASII turun lebih dari 10%, seiring dengan valuasinya yang juga menurun sejak Agustus tahun lalu. Saat ini, menggunakan metrik PBV, ASII diperdagangkan dengan harga 1,03 kali, lebih rendah dari rata-rata lima tahun sebesar 1,46 kali, dan sudah berada di bawah -1 STD.

3. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)

Emiten besar sektor perbankan, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), juga mengalami penurunan valuasi karena harga sahamnya turun sekitar 6% dalam sebulan terakhir. Dilihat dari valuasi band, PBV BBCA saat ini sudah mendekati rata-rata selama lima tahun, yang berarti harga sahamnya sudah mendekati harga wajar.

4. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), sebuah emiten perbankan besar milik BUMN, juga mengalami koreksi harga saham yang signifikan dalam beberapa hari terakhir. Pada pembukaan perdagangan setelah libur panjang, saham BBRI merosot sebesar 5,31%, yang kemudian menambah akumulasi penurunan yang hampir mencapai 15% selama sebulan terakhir.

Dengan melihat valuasi empat emiten di atas, saat ini merupakan waktu yang menarik untuk mempertimbangkan investasi pada saham-saham tersebut. Di tengah fluktuasi pasar yang mungkin masih akan terjadi akibat ketidakpastian global, membeli saham dengan valuasi yang menarik seperti ini bisa menjadi strategi investasi yang cerdas untuk jangka panjang.

Pada akhirnya, investor harus tetap melakukan riset dan kajian mendalam sebelum membuat keputusan investasi. Kemungkinan-kemungkinan risiko dan perkembangan pasar harus dipertimbangkan secara seksama. Nampaknya, pasar saham Indonesia masih menawarkan kesempatan investasi yang menarik, terutama untuk saham-saham yang sudah menarik secara valuasi seperti empat emiten yang telah disebutkan di atas.

Bagi para investor yang berencana untuk memperluas portofolio investasi mereka, saham-saham ini layak untuk dipertimbangkan. Namun, tetap diingat bahwa investasi saham selalu memiliki risiko dan kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa mendatang. Oleh karena itu, langkah hati-hati dan kerja keras dalam melakukan riset tetap diperlukan sebelum mengambil keputusan investasi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved